Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspada Aplikasi Palsu di Playstore Bagi Pengguna Android

Daftar Isi [Tampil]

AGRANIK.ID - Membicarakan Hp Android tentu saja tidak bisa lepas dari waspada aplikasi palsu di Playstore. Hal ini dikarenakan sistem fleksibel perangkat tersebut memungkinkan banyak pihak untuk bisa mengembangkan atau bahkan memperbarui setiap aplikasinya secara bebas.

Perlu diingatkan itu bukanlah tindakan ilegal bila masih dalam batas ketentuan yang berlalu, contohnya tidak melakukan plagiat, dan menyertakan legalitas sah ketika menggunakan suatu franchise ternama.

Waspada Aplikasi Palsu di Playstore Bagi Pengguna Android - agranik.id

Android juga merupakan sistem yang segala inci sisinya dapat dimodifikasi sesuai keinginan. Baik tampilan luar, dalam dan pengaturan default-nya. Meski terdengar rawan akan potensi malware, tetapi tidak semua pengembang seperti itu.

Masih ada banyak software gratis terbaik yang bahkan menjadi salah satu paling populer diantara pengguna Android. Dan cara memahami aplikasi palsu di Playstore ini sebagai pencegah awal HP Anda terkena imbas dari tindakan tidak bertanggung jawab itu.

Sebabnya, simak tulisan ini hingga selesai, demi menjaga perangkat Anda tetap dalam kondisi baik dan bisa bertahan dengan umur panjang.

Bahaya dari Menggunakan Aplikasi Palsu

Sebelum masuk ke dalam cara mengetahui aplikasi palsu di Playstore, Kami akan memberikan beberapa dampak ketika Anda menggunakan software ilegal tersebut. Perlu didasari apa saja yang tidak resmi dapat menyebabkan kerugian.

Baik kerugian penggunaan, dan bahkan finansial. Sebab, bukan tidak mungkin dapat menyebabkan kerusakan parah pada perangkat dan mengharuskan Anda memperbaiki Hp atau bahkan menggantinya, berikut beberapa bahayanya:

Kerugian terhadap pengeluaran pulsa bisa terjadi karena pemakaian kuota HP Anda sangat boros. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan sistem dengan aplikasi palsu yang diunduh, sehingga dapat menyedot terlalu besar data kuota.

Berpotensi tinggi terkena malware dari iklan atau berbagai virus yang tersemat di dalamnya. Alih-alih dapat menggunakan aplikasi tersebut secara nyaman, Anda justru mendapatkan rugi.

Aplikasi palsu di Playstore juga rawan akan pencurian data log-in, hal ini terjadi karena oknum pengembang memiliki tujuan lain, ketimbang menciptakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Masuk ke dalam bahaya paling meresakan adalah aplikasi diselipkan konten yang berbau pornografi. Di mana tidak hanya dewasa saja yang mungkin menggunakan aplikasi tersebut tetapi anak-anak dan remaja.

Berbagai dampak ini juga bisa menurunkan langsung performa HP Anda, sehingga tidak menutup kemungkinan perlu adanya perbaikan dengan pengeluaran biaya tambahan.

Tetap perhatikan perubahan apa saja yang terasa janggal agar tidak terkena dampaknya, dan bisa cepat menghindari berbagai kerugiannya.

Waspada Aplikasi Palsu di Playstore, Begini Cara Mengetahuinya

Masuk ke dalam pembahasan apk palsu di Playstore, Anda harus segera menepis pemikiran rumit menentukannya. Karena, pada dasarnya hanya butuh ketelitian dan sedikit waktu, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

Bisanya aplikasi palsu memiliki nama yang familiar satu dengan lainnya. Jadi jika Anda pernah merasa melihat nama serupa harus dipertanyakan kelegalannya.

Sama dengan nama aplikasi, ada baiknya juga Anda memperhatikan nama dari pengembangnya. Karena itu, cek penjelasan rincian developer tersebut sebelum mengunduh.

Poin ketiga cukup mudah untuk dilakukan, Anda bisa memeriksa ulasan atau review dari para pengguna lain. Aplikasi palsu cenderung dipenuhi keluhan dengan rating yang buruk.

Ciri aplikasi palsu di Playstore lainnya rates yang pengunduhnya terbilang tidak seberapa banyak.

Aplikasi palsu umumnya memiliki tampilan yang terlihat aneh dan tidak kontras, bahkan warna dari layarnya memudar serta kualitas gambar rendah.

Anda juga bisa saja teliti hingga mencari perijinan pengembang untuk bisa memasarkan aplikasi tersebut.

Aplikasi palsu juga bisa Anda periksa dari mesin pencarian Google, yaitu jika memang benar pengembang asli maka akan langsung keluar di halaman utama.

Ada baiknya Anda juga kerap mengikuti rekomendasi terbanyak para pengguna lain agar tidak tertipu.

Mengikuti saran mengenai ketentuan unduhan aplikasi untuk selalu mengutamakan dari pengembang legalitas dapat meminimalkan risiko kerugian. Baik dari segi waktu, biaya pengeluaran, atau ‘umur’ dari perangkat Anda.

Yang gratis memang terkadang menggiurkan untuk dicoba, namun tetap harus waspada dalam setiap keputusan. Aplikasi palsu di Playstore sangatlah banyak, karena itu butuh pemahaman lebih agar tidak terkena dampak dari ulah oknum nakal.

Semoga bisa menjadikan sedikit informasi sebelum menginstal aplikasi android di playstrore. Silahkan berikan komentar pada kolom dibawah ini dan share dengan cara mengklik tombol sosial media yang tersedia dibawah ini facebook, twitter, whatsaap dan telegram.

Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "Waspada Aplikasi Palsu di Playstore Bagi Pengguna Android"