Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Objek Wisata Majalengka, Destinasi Liburan Seru Hemat Budget

AGRANIK.ID - Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan atau akhir pekan, jangan ragu untuk kunjungi Majalengka. Salah satu wilayah di Jawa Barat ini menyimpan banyak potensi wisata yang sayang apabila Anda lewatkan begitu saja. Objek wisata Majalengka juga bervariasi, mulai dari waterpark, wisata alam, petilasan, dan masih banyak lagi.

Objek Wisata Majalengka, Destinasi Liburan Seru Hemat Budget

Rekomendasi Objek Wisata Majalengka Terpopuler

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi objek wisata di Majalengka yang bisa Anda kunjungi.

Jembar Waterpark

Sudah bukan rahasia lagi bahwa waterpark merupakan destinasi wisata terfavorit sebagai liburan keluarga. Saat mengunjungi waterpark, Anda bisa mengajak anak-anak untuk bermain bersama. Di Majalengka itu sendiri, Anda juga bisa temukan objek wisata waterpark, yakni Jembar Waterpark.

Di tempat ini terdapat kolam renang yang desainnya khusus untuk orang dewasa dan anak-anak. Dengan begitu, kolam renang terbukti aman. Selain aman, kolam renangnya juga menyehatkan karena senantiasa terjaga kebersihannya.

Tak hanya kolam renang, Jembar Waterpark juga menyediakan berbagai wahana yang tidak kalah menarik untuk Anda manfaatkan. Mulai dari seluncuran lurus sampai dengan seluncuran yang modelnya meliuk-liuk. Tak cukup itu saja, di objek wisata Majalengka ini juga ada patung dinosaurus raksasa dan binatang-binatang lainnya.

Nyatanya Jembar Waterpark tak hanya bisa Anda gunakan untuk bermain air saja, melainkan juga menyalurkan hobi fotografi. Jika Anda juga pecinta foto selfie, pastikan tak melewatkan tempat wisata ini. Hal ini karena ada banyak set foto unik yang bisa Anda gunakan untuk berswafoto maupun membagikannya ke sosial media.

Adapun spot foto tersebut mulai dari tangga pelangi, sepeda antik, vespa antik, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan hasil jepretan foto yang unik dan memuaskan, Anda tak perlu keluar biaya saat menggunakan spot tersebut. Sementara untuk tiket masuknya, Anda cukup mengeluarkan dana sebesar Rp 20.000 saja.

Lalu jika Anda berkunjung di hari besar maupun akhir pekan, harga tiket masuknya Rp 35.000. Beralih ke jam operasionalnya, Jembar Waterpark buka dari pukul 8 pagi sampai 4 sore. Tempat wisata ini buka setiap hari sehingga Anda bisa puas mengunjunginya.

Untuk mengunjungi Jembar Waterpark, Anda yang memulai perjalanan dari pusat kota, bisa langsung menuju ke arah utara sekitar 14 km sebelum lokasi Bandara Kertajati. Alamat Jembar Waterpark tak jauh dari lokasi tersebut. Alamat lengkapnya ada di Ranji Wetan, Kasokandel. Karena lokasinya cukup strategis sehingga Anda pasti mudah menemukannya.

Cikadongdong River Tubing

Selain Jembar Waterpark, objek wisata Majalengka selanjutnya yang juga menarik untuk Anda sambangi yaitu Cikadongdong River Tubing. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk Anda yang hobi atau ingin merasakan sensasi river tubing. Adrenalin Anda akan diuji saat menjajal river tubing yang menantang ini.

Saat Anda mencoba arung jeram di sungai ini, pastikan untuk berhati-hati. Hal ini karena sungai Cikadongdong memiliki arus yang cukup deras dengan panjang sekitar 350 meter. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena saat river tubing akan didampingi oleh guide berpengalaman dan profesional.

Guide tak hanya memantau perjalanan wisata Anda, melainkan juga menjamin keselamatan selama arung jeram. Selain mendapatkan pengalaman river tubing yang mengesankan, Anda juga bisa menikmati view alam mempesona sepanjang menyusuri sungai. Ditambah lagi dengan hawa udara sejuk dan menyegarkan.

Baca Juga13 Wisata Alam Majalengka yang Bisa Kamu Kunjungi, Liburan Jadi Seru!

Setelah selesai melakukan river tubing, Anda bisa mencicipi spot kuliner yang disediakan dalam satu paket lengkapnya. Adapun kuliner wajib dan jadi andalan dalam spot objek wisata Majalengka ini yaitu nasi liwet. Menu ini dijamin mampu menghilangkan rasa lapar setelah lelah menyusuri sungai dengan cita rasa khas dan nikmat.

Jika Anda ingin mengunjungi Cikadongdong River Tubing, cukup arahkan kendaraan ke Kecamatan Rajagaluh. Lebih tepatnya di Desa Payung. Agar liburan ke tempat wisata ini terasa lebih seru, Anda bisa ajak keluarga maupun sahabat. Di samping itu, Anda perlu booking jauh-jauh hari agar persiapan liburan semakin matang.

Petilasan Prabu Siliwangi

Di Kecamatan Rajagaluh, nyatanya tak hanya terdapat wisata Cikadongdong River Tubing saja, melainkan juga Petilasan Prabu Siliwangi. Hanya saja, untuk tempat wisata yang satu ini berada di Desa Pajajar. Untuk menemukan objek wisata Majalengka ini, Anda bisa sambangi kaki gunung Ciremai.

Di kaki gunung tersebut, ada situs sejarah yang menceritakan mengenai history kehidupan Prabu Siliwangi. Ketika Anda mendatangi lokasi ini, nantinya bisa menemukan banyak objek wisata menarik. Mulai dari hutan lindung, sumur tujuh, talaga pancuran, talaga emas, situ cipadung, hingga situ beber.

Menurut legenda masyarakat setempat, objek wisata tersebut menjadi lokasi favorit ketika Prabu Siliwangi beraktivitas. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata yang kental dengan nilai sejarah ini, hanya perlu membayar tiket masuk Rp 20.000 saja. Tak perlu mengeluarkan budget besar, Anda sudah bisa menikmati sekaligus belajar sejarah melalui objek wisata ini.

Cadas Gantung

Apabila Anda saat ini tengah berburu spot foto selfie, alangkah baiknya jika menyambangi Cadas Gantung. Di objek wisata Majalengka ini terdapat banyak spot foto instagramable yang bisa Anda manfaatkan sebaik mungkin. Bukan hanya instagramable, spot foto tersebut juga anti mainstream sehingga hasil fotonya dijamin unik.

Selain terdapat spot foto, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang menawan. Saat menyambangi destinasi wisata ini pun, Anda juga bisa merasakan ketenangan sehingga pikiran yang jenuh bisa hilang seketika. Terlebih lagi, hawa udara di sekitar kawasan wisatanya juga menyegarkan.

Tak cukup itu saja, Anda semakin betah berlama-lama di tempat wisata Cadas Gantung karena fasilitasnya terbilang lengkap dan memadai. Selain spot foto, di tempat ini juga terdapat warung wisata, gazebo, toilet, area parkir luas, hingga bumi perkemahan. Tunggu apa lagi, pastikan Anda menyambangi objek wisata Majalengka ini sekarang juga.

Untuk sampai ke lokasi Cadas Gantung, Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan ke Desa Mirat, Kecamatan Leuwimunding. Sementara untuk tiket masuknya terbilang terjangkau karena hanya Rp 3.000 per orang. Dengan mengunjungi Cadas Gantung, Anda bisa dapatkan sensasi liburan seru namun tetap hemat budget.

Taman Dinosaurus Buana Marga

Taman Dinosaurus Buana Marga jadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin mengetahui maupun mengenalkan kepada sang buah hati mengenai hewan prasejarah atau hewan purba yang hidup pada zaman dahulu. Pasalnya, di objek wisata Majalengka ini terdapat banyak patung replika dinosaurus dengan ukuran besar. Ukurannya mulai dari 2 meter sampai dengan 15 meter.

Selain replika dinosaurus, Taman Dinosaurus Buana Marga yang dibuka sejak tahun 1999 ini juga menyediakan lapangan golf, taman agrowisata, kolam renang, dan lain sebagainya. Anda pun bisa mengunjungi kawasan wisata ini sembari berpiknik.

Untuk bisa sampai di tempat wisata ini juga cukup mudah. Hal ini karena lokasinya strategis. Adapun lokasi Taman Dinosaurus Buana Marga ini ada di Kecamatan Lemah Sugih, lebih tepatnya di Desa Lemah Putih.

Pasar Kadipaten

Khusus untuk Anda yang ingin membawakan oleh-oleh atau buah tangan ke orang tercinta di rumah, ada baiknya untuk kunjungi Pasar Kadipaten. Di pasar tradisional ini terdapat banyak oleh-oleh khas Majalengka. Tak hanya itu, di objek wisata Majalengka ini juga menyediakan sembako dan berbagai jenis kebutuhan pokok lainnya.

Pasar Kadipaten merupakan pasar tradisional yang lengkap di Majalengka. Bahkan pasar ini juga terkenal dengan sebutan Malioboronya Majalengka. Dengan demikian, akan terasa kurang lengkap apabila tak mengunjungi Pasar Kadipaten saat tiba di Majalengka.

Bendungan Raksasa Rentang

Di Majalengka juga terdapat objek wisata bendungan ikonik yang dikenal dengan nama Bendungan Raksasa Rentang. Disebut raksasa karena memang bendungan ini menjadi bendungan terbesar yang ada di Majalengka. Lebih tepatnya di bagian utara Majalengka.

Bendungan ini mampu menampung banyak sungai yang ada di Jawa Barat. Beberapa di antaranya yaitu Sungai Ciatarum dan Cimanuk. Saat mengunjungi objek wisata Majalengka ini, Anda tak bisa menyaksikan pemandangan saja, melainkan juga jalan-jalan ataupun jogging. Kemudian untuk lokasinya, Bendungan Raksasa Rentang bisa Anda temukan di wilayah Jatitujuh, Pilangsari, Panongan.

Bukit Mercury Sayang Kaak

Apabila Anda ingin menghabiskan waktu liburan dengan berkemah, maka bisa mengunjungi objek Wisata Majalengka Bukit Mercury Sayang Kaak. Bumi perkemahan ini ada di Argapura. Lebih tepatnya lokasi Bukit Mercury Sayang Kaak beralamat di Blok Cibuluh, Tejamulya.

Kawasan wisata ini memiliki area yang sangat luas. Di sekelilingnya terdapat view alam yang mampu memanjakan mata. Semakin menarik untuk Anda kunjungi karena hawa udara di kawasan wisata ini sangatlah sejuk.

Tak mengherankan karena Bukit Mercury Sayang Kaak ada di ketinggian 1600 mdpl. Hal lain yang menjadi daya tarik tempat wisata ini yaitu masih satu bagian dengan kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Oleh karena itu, pastikan Anda mengunjungi objek wisata Majalengka ini.

Selain untuk berkemah, Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini dengan tujuan sekedar menikmati pemandangan alamnya. Untuk jam operasionalnya, destinasi wisata ini buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai 6 sore. Anda bisa mengunjungi Bukit Mercury Sayang Kaak dengan membayar tiket masuk Rp 10.000 per orang.

Beralih ke fasilitasnya, Bukit Mercury Sayang Kaak siap mendukung kebutuhan wisatawan dengan menyediakan fasilitas lengkap dan fungsional. Adapun beberapa fasilitasnya yaitu toilet, warung wisata, spot foto, dan area parkir yang luas. Dengan fasilitas yang lengkap, Anda pasti betah berlama-lama mengunjungi Bukit Mercury Sayang Kaak.

Museum Talaga Manggung

Majalengka ternyata juga memiliki objek wisata berupa museum. Museum tersebut bernama Museum Talaga Manggung. Objek wisata edukasi ini berlokasi di Desa Talaga Wetan, Majalengka. Apabila Anda menempuh perjalanan dari pusat kota, maka jaraknya hanya sekitar 26 km saja.

Saat Anda mengunjungi Museum Talaga Manggung, di dalamnya terdapat tiga ruangan dengan keistimewaan tersendiri. Mengenai ruangan pertama, bisa Anda gunakan untuk mengetahui silsilah keluarga kerajaan. Lalu untuk ruangan yang kedua dan ketiga menjadi wadah alat kesenian hingga alat perang.

Tak berhenti di situ saja, Museum Talaga Manggung juga berisikan peninggalan Kerajaan Talaga Manggung. Salah satunya yaitu kereta kencana. Semua barang peninggalan yang ada di museum ini akan dimandikan setiap tahunnya melalui ritual khusus.

Deretan objek wisata Majalengka di atas bisa Anda masukkan ke dalam list liburan akhir pekan maupun hari libur nanti. Anda bisa jelajahi Majalengka dengan mengunjungi beragam destinasi wisata favorit. Supaya liburan terasa menyenangkan, jangan ragu untuk mengajak keluarga, sahabat, rekan kerja, ataupun pasangan.

Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "Objek Wisata Majalengka, Destinasi Liburan Seru Hemat Budget"