Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Komputer Lemot yang Paling Efektif

Daftar Isi [Tampil]

AGRANIK.ID - Cara mengatasi komputer lemot menjadi hal yang sangat mahal. Itu karena komputer lemot sendiri adalah hal yang sangat menyebalkan. Ketika komputer lemot, pekerjaan tidak bisa dilakukan dengan cepat.

Ini jelas akan berpengaruh terhadap deadline pekerjaan. Nantinya seseorang akan merasa kesulitan untuk memenuhi deadline tersebut. sebenarnya tidak masalah jika komputer lemot hanya berefek pada deadline pekerjaan.

Cara Mengatasi Komputer Lemot yang Paling Efektif agranik.id

Masalahnya komputer lemot ini bisa berefek pada pikiran seseorang. Nantinya sangat mungkin stress akan terjadi. ketika hal ini sudah tidak terkontrol, berbagai kemungkinan buruk bisa saja terjadi.

Salah satu kemungkinan yang bisa saja dialami adalah munculnya perilaku merusak. Ingat, ada banyak orang diluar sana yang malah merusak komputernya hanya karena kondisinya lemot. Oleh sebab itu, cara mengatasi komputer lemot wajib diketahui.

Perlu diingat, cara yang dilakukan memang tidak semuanya efektif. Namun apabila Anda selektif dalam pemilihan cara, ada beberapa cara yang memang terbukti bermanfaat. Beberapa cara tersebut akan dijelaskan pada kesempatan kali ini.

Berikut Cara Mengatasi Komputer Lemot

Cara dalam mengatasi komputer yang lemot sendiri terbagi menjadi beberapa poin. Ketika menjalankannya, pastikan untuk sabar. Itu karena efek langsung biasanya tidak terasa.

Kalaupun terasa, efek langsung yang dirasakan sangat minim. Namun efek besarnyanya akan terasa ketika perilaku konsisten sudah dilakukan. Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang bisa dijalankan.

Bersihkan Virus

Cara mengatasi komputer lemot pertama berhubungan dengan virus. Virus adalah hal yang sangat sulit dihindari. itu karena penyebarannya di internet sangat luas dan masuknya ke komputer sering tidak terasa.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk membersihkan virus secara rutin. Proses pembersihan sendiri memang bisa dilakukan secara manual dengan mencari file yang dirasa berbahaya. Namun jika ingin lebih mudah, gunakanlah antivirus.

Anda bisa menyalakan opsi pembersihan rutin pada antivirus tersebut. Namun ingat, pastikan hanya memilih antivirus yang terpercaya. Jangan sampai asal dalam memilihnya karena efek yang dirasakan pasti tidak maksimal.

Perhatikan Aplikasi

Beberapa orang sering tidak memerhatikan penggunaan aplikasi. Ketika komputer dinyalakan, aplikasi yang dipakai memang satu dua. Namun karena kebiasaan, aplikasi yang dinyalakan pada komputer jumlahnya sangat banyak.

Dalam cara mengatasi komputer lemot, hal tersebut perlu diperhatikan dengan baik. itu karena, banyaknya aplikasi yang menyala berpotensi menurunkan performa komputer. Akan lebih baik jika memfilter aplikasi-aplikasi tersebut.

Lihat aplikasi mana saja yang memang sedang digunakan. Setelah diketahui, tutuplah aplikasi lain yang memang tidak begitu berguna. Untuk lebih mudah, Anda juga bisa mematikan beberapa aplikasi yang sering aktif otomatis ketika komputer dinyalakan.

Cek Harddisk 

Pengecekan pada harddisk juga sangat penting dalam cara mengatasi komputer lemot. Biasanya harddisk ini sering kali tidak diperhatikan. Itu karena beberapa orang hanya menganggap harddisk sebagai tempat penyimpanan.

Ketika harddisk tidak berada pada kondisi prima, kecepatan komputer akan menurun. Penurunannya sendiri bisa disebabkan oleh dua alasan. Pertama adalah ruang penyimpanan pada harddisk tersebut.

Ketika ruang penyimpannya tinggal sedikit, penurunan performa pasti akan terjadi. kedua adalah suhu dari harddisk tersebut. Ketika peningkatan suhu terjadi, kecepatannya akan mengalami penurunan.

Uninstall Program

Setiap komputer pasti memiliki banyak program. Namun keberadaan program-program tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Beberapa memang terasa bermanfaat namun sisanya tidak memiliki fungsi yang sebesar itu.

Ada baiknya untuk melihat fungsi dari setiap program yang dimiliki. Urutkanlah fungsi tersebut mulai dari yang paling tinggi hingga rendah. Pada program yang fungsinya rendah, pikirkanlah opsi untuk mencopot pemasangan.

Cara mengatasi komputer lemot dengan mencopot pemasangan, ruang pada harddisk dan RAM akan semakin lebar. Hal ini berpotensi meningkatkan kecepatan dari komputer.

Matikan Visual Effect

Penggunaan visual effect mulai populer pada pengguna komputer. Popularitas hal ini meningkat berbarengan dengan munculnya windows 10. Itu karena windows 10 sendiri memiliki visual effect yang cukup menarik.

Perlu diketahui, visual effect membuat komputer bekerja ekstra. Walaupun kecil, keberadaannya memiliki pengaruh terhadap penurunan performa. Oleh sebab itu, matikanlah visual effect untuk mengatasi kondisi lemot.

Selain cara yang efeknya panjang, ada juga cara mengatasi lemot yang efeknya pendek. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan restart pada komputer.

Namun cara dengan efek panjang adalah opsi yang lebih tepat. Oleh sebab itu, pastikan cara yang dijelaskan di atas dilakukan dengan baik. Memang beberapa cara mengatasi komputer lemot di atas bukan hal sulit.

Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Komputer Lemot yang Paling Efektif"