Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut Penyebab Komputer Rusak yang Wajib Dihindari

Daftar Isi [Tampil]

agranik.id - Penyebab komputer rusak sangat banyak. Keberadaannya sendiri perlu dihindari. itu karena komputer yang rusak berpotensi menimbulkan kerugian bagi pengguna.

Beberapa dari Anda memang menggunakan komputer hanya untuk bersenang-senang. Namun kebanyakan pasti tidak menggunakannya untuk hal sepele semacam itu. Penggunaan komputer untuk pekerjaan atau tugas sekolah pasti lebih dominan.

Berikut Penyebab Komputer Rusak yang Wajib Dihindari agranik.id

Oleh sebab itu, kondisi komputer yang rusak bisa menimbulkan kerugian. Nantinya pekerjaan dan tugas sekolah yang harusnya bisa diselesaikan dalam waktu cepat tidak akan bisa dikerjakan. 

Bukan tidak mungkin, pada akhirnya deadline dari tugas atau pekerjaan tersebut tidak terpenuhi. Ini tentu sangat merugikan dan bisa menimbulkan dampak negatif. Oleh karena itu, pastikan untuk menghindari penyebab komputer rusak.

Jangan sampai membiarkan sesuatu yang berbahaya mendekati komputer. Memang beberapa penyebab-penyebab tersebut tidak sulit untuk dihindari.

Penyebab Komputer Rusak Ini Perlu Dihindari

Terdapat beberapa penyebab rusaknya sebuah komputer yang paling umum. Kebanyakan dari Anda pasti sudah mengetahui penyebab penyebab ini. Namun kebanyakan dari Anda juga pasti tidak sadar kalau efek dari hal tersebut sangat berbahaya.

Ketidaktahuan ini bisa saja menyebabkan seseorang tidak begitu peduli. Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab yang wajib dihindari untuk menjaga komputer berada pada kondisi prima.

1. Kotor

Penyebab komputer rusak pertama adalah kondisi yang kotor. Beberapa orang memang merasa malas ketika akan membersihkan komputer. Ada juga orang yang menganggap kalau ini sebenarnya tidak penting.

Perlu diketahui, kotoran di komputer perlu segera dibersihkan. Jika dibiarkan, berbagai efek buruk akan terasa. Normalnya kotoran akan menumpuk hingga keberadaannya masuk ke bagian dalam komputer.

Salah satu posisi yang paling rawan terkena kotoran adalah kipas. Nantinya kipas bisa saja mengalami penurunan performa. Ini bisa membuat suhu komputer meningkat sehingga potensi terjadinya kerusakan semakin bertambah.

2. Pemasangan Aplikasi

Melakukan install dan uninstall program adalah hal yang sangat umum. Fitur ini memang tersedia dan bisa digunakan agar penggunaan komputer bisa dilakukan secara nyaman. Namun perlu diingat kalau proses install dan uninstall tidak boleh dilakukan terlalu sering.

Itu karena hal ini merupakan salah satu penyebab komputer rusak. Kerusakan sendiri biasanya terjadi pada harddisk. Ketika proses uninstall dilakukan, sebagian besar data aplikasi memang menghilang.

Namun biasanya, masih ada sebagian kecil data yang tertinggal. Semakin sering proses uninstall dilakukan maka semakin banyak juga data yang tertinggal. Data-data inilah yang nantinya menurunkan performa dari harddisk itu sendiri.

3. Malware

Beberapa orang memang tidak setuju ketika malware disebut sebagai penyebab komputer rusak secara hardware. Itu karena malware sendiri memang bergerak dengan merusak sistem. Oleh karena itu, kerusakan utama pasti terjadi pada software.

Pernyataan ini memang tidak sepenuhnya salah. Itu karena malware menjadikan software sebagai target utama. Namun adalah kesalahan besar jika menganggap malware tidak akan berefek pada hardware.

Ketika malware menyerang, komputer akan terasa semakin lemot. Disini, hardware pasti bekerja lebih keras. Pekerjaan yang bertambah itulah penyebab utama mengapa malware juga bisa merusak hardware.

4. Guncangan

Guncangan memang hal yang tidak bisa sepenuhnya dihindari. itu karena kebanyakan guncangan sendiri terjadi secara tiba-tiba dan tidak bisa diprediksi terlebih dahulu. Namun patut diingat, guncangan merupakan salah satu penyebab komputer rusak.

Terlebih lagi jika Anda adalah orang yang sering mengubah letak komputer untuk menambah mood. Ketika perubahan dilakukan, komputer pasti perlu digeser. Kondisi inilah yang perlu diperhatikan secara hati-hati.

Jangan sampai perpindahan dilakukan secara kasar. Akan lebih baik apabila melakukannya secara perlahan. Apabila Anda termasuk orang yang tidak sabaran, akan lebih baik jika meminta bantuan orang lain.

5. Program Berbahaya

Beberapa aplikasi memang bisa didapat secara gratis. Namun kebanyakan justru tidak seperti itu. Ketika kesulitan mendapatkan aplikasi dirasakan, seseorang akan mendownload di sembarang tempat.

Ini tentu memberikan efek yang sangat buruk. Ketika mendownload di sembarang tempat, bukan tidak mungkin program atau aplikasi tersebut berisi hal berbahaya. Nantinya komputer bisa saja mengalami blue screen maupun red screen.

Kondisi ini bisa dihindari dengan selalu menggunakan aplikasi resmi. Jika kesulitan membelinya, setidaknya mintalah pada teman yang mempunyai mentahannya.

Konsistensi sangat diperlukan untuk menghindari hal-hal yang merusak komputer. Itu karena hal semacam ini sering kali tidak disadari. Perlu diingat, ada banyak orang di luar sana yang merasakan kerugian karena tidak sadar akan penyebab komputer rusak.

Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "Berikut Penyebab Komputer Rusak yang Wajib Dihindari"