Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Blogspot untuk Website dari Platform Lainnya

Tidak dapat dipungkiri memang kelebihan blogspot untuk website memang banyak diakui oleh berbagai kalangan. Tidak heran jika platform ini masih menjadi pilihan menarik bagi para pemilik website dan blog.

Kelebihan Blogspot untuk Website dari Platform Lainnya

Blogspot sendiri adalah platform untuk membuat website atau blog gratis yang disediakan oleh google. Untuk proses pembuatannya tidak sulit, sebab Anda hanya perlu menggunakan akun google saja.

Berbagai layanan lainnya juga terintegrasi dengan google. Misalnya adsense yang lebih mudah karena penggunaan javascriptnya bebas dipasang di mana saja dalam kode html. 

Selain itu, layanan google yang juga terintegrasi dengan blogspot adalah Google Analytics. Layanan ini sangat berguna untuk melihat aktivitas dan impresi pengunjung website anda.

Penggunaan blogspot sendiri sangat dinamis, hal ini yang menjadi kelebihan blogspot untuk website. Sebab, Anda bisa memanfaatkannya untuk blog pribadi, website profesional, website bisnis dan lain sebagainya.

Platform ini sudah hadir sejak lama dan masih bertahan hingga saat ini. Bahkan, mengalami banyak peningkatan dari berbagai aspek. Untuk mengetahui apa saja kelebihan dari blogspot, terutama untuk membuat website.

Berikut ini adalah penjelasan detail mengenai alasan banyak orang lebih memilih blogspot dari pada platform lainnya. Simak berikut ini.

5 Kelebihan Blogspot untuk Website 

Saat ini platform untuk membuat website jumlahnya sangat banyak. Salah satu yang paling populer dan menjadi pesaing blogspot adalah Wordpress, yaitu platform content management system (CMS).

Meski tergolong ke dalam CMS, Anda tidak perlu menggunakan coding untuk membuat website menggunakan wordpress. Hanya saja, Anda perlu menggunakan hosting agar semua konten bisa tersimpan dengan aman.

Jika dibandingkan dengan blogspot, penggunaan wordpress jauh lebih rumit. Sebab, banyak tools dan berbagai fitur lainnya yang akan asing bagi pemula. Tidak heran kebanyakan orang lebih memilih blogspot.

Berikut ini adalah kelebihan blogspot untuk website dibandingkan dengan platform lain:

  • Gratis Hosting

Kelebihan pertama yang tidak diperoleh dari platform lainnya adalah blogspot menyediakan gratis hosting sebesar 15 GB untuk penggunanya. Hal ini membuat Anda tidak perlu lagi menggunakan hosting dari pihak lain.

Hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin membuat website, tapi juga tidak ingin keluar modal. Seperti yang diketahui bahwa biaya hosting di pihak ketiga harganya cukup mahal.

Belum lagi risiko jika kualitas hosting yang digunakan buruk. Hal tersebut akan memperparah performa website. Tapi dengan menggunakan blogspot, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, kualitas hostingnya sangat baik.

  • SEO Friendly

Kelebihan blogspot untuk website berikutnya adalah SEO friendly. Artinya, postingan yang dibuat menggunakan platform tersebut berpeluang besar muncul di halaman pertama mesin pencarian.

SEO (Search Engine Optimization) merupakan suatu aturan atau metode untuk meningkatkan peringkat website dan postingannya di halaman pencarian Google. SEO sebenarnya tidak hanya bergantung pada platform website.

Tapi, tergantung pada kualitas postingan dan penempatan kata kunci. Selain itu, website yang responsif juga memberikan andil besar pada optimasi SEO.

  • Fitur Sederhana 

Kelebihan blogspot untuk website fiturnya tergolong lebih sederhana dari platform membuat website lainnya. Dengan fitur yang sederhana, Anda dapat lebih cepat mengerti apa saja fungsinya dan bisa lebih leluasa menggunakannya.

Fitur yang sederhana ini menjadi sangat cocok untuk pemula. Terlebih lagi jika sebelumnya belum pernah berkecimpung dalam dunia website. Meski demikian, fitur sederhana bisa menjadi halangan untuk mengoptimasi website.

  • Bisa Dikembangkan Menggunakan TLD Domain

Saat membuat website di blogspot, Anda akan memperoleh nama domain otomatis dengan domain .blogspot.com. Anda bisa mengubah domain TLD seperti .com, .co.id, .website, .my.id, .info, dan masih banyak lainnya.

Kelebihan blogspot untuk website menggunakan domain TLD akan membuat website adalah terlihat lebih profesional. Dengan demikian, pengunjung akan lebih percaya dengan isi kontennya.

  • Tema Beragam dan Menarik

Banyak orang yang beranggapan bahwa teman di blogspot tidak dapat dikembangkan atau bahkan tidak beragam. Anggapan tersebut tentunya salah besar. Sebab, tema di blogspot sangat beram dan juga menarik.

Bahkan bagi yang suka mengotak-atik kode html, Anda bisa berinovasi menciptakan tema baru. Sehingga, diperoleh tema yang sesuai dengan keinginan.

Penggunaan blogspot saat ini masih sangat tinggi, baik untuk membuat blog pribadi atau membuat website. Kelebihan blogspot untuk website memang cukup menguntungkan dari platform lainnya.

Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "Kelebihan Blogspot untuk Website dari Platform Lainnya"