Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keuntungan Menggunakan Wordpress untuk Membuat Blog

Keuntungan menggunakan wordpress untuk blog memang dirasakan oleh blogger. Tidak heran jika platform pembuat blog berbasis CMS (content management system) ini sering direkomendasikan oleh para blogger senior.

Keuntungan Menggunakan Wordpress untuk Membuat Blog

Hal ini dikarenakan Wordpress sangat multi fungsi dan gratis. Sifatnya juga open-source, jadi Anda bisa dengan mudah bereksplorasi dan menciptakan hal baru dengan paltform tersebut.

Sebelum membuat blog di Wordpress, pastikan Anda memilih salah satu dari jenisnya. Seperti yang diketahui bahwa Wordpress terbagi menjadi dua jenis, yaitu wordpress.com dan wordpress.org.

Wordpress.com merupakan layanan dengan keuntungan menggunakan wordpress yang memberikan hosting dan domain kepada penggunanya. Tersedia versi gratis dan berbayar untuk layanan ini, sayangnya fitur yang tersedia sangat terbatas.

Jenis kedua adalah wordpress.org, keuntungan menggunakan layanan wordpress ini jauh lebih banyak. Sebab, fiturnya lebih luas dan memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk mengeksplor lebih jauh.

Untuk mengetahui apa saja keuntungan yang akan diperoleh saat Anda menggunakan wordpress untuk membuat blog, simak berikut ini. Kami sudah merangkum kelebihan utama dari platform tersebut.

Keuntungan Menggunakan Wordpress untuk Membuat Blog

Blog merupakan website yang berisi konten berisi artikel, video, atau foto informatif. Blog dikelola oleh seorang blogger atau bahkan satu tim penulis. Informasi yang disampaikan dalam blog sangat beragam.

Satu blog bisa fokus membahas satu tema saja, atau bahkan bisa semua tema. Tema blog populer di seluruh dunia di antaranya adalah lifestyle, resep, parenting, kesehatan, teknologi, finance, dan lainnya.

Selain untuk blog, Wordpress juga sering digunakan untuk membuat berbagai jenis website. Misalnya adalah website perusahaan, pemerintahan, bisnis, e-commerce, forum, dan masih banyak lagi.

Platform membuat blog memang saat ini sangat banyak. Tapi, wordpress menjadi salah satu yang paling favorit. Berikut ini adalah keuntungan menggunakan wordpress:

  1. Lebih Hemat

Alasan utama wordpress banyak digunakan oleh blogger adalah karena biayanya hemat dibandingkan platform CMS lainnya. Anda juga tidak perlu memikirkan lisensi lagi untuk membangun blog menggunakan platform ini.

Agar memperoleh biaya yang hemat, pastikan Anda memilih penyedia hosting terjangkau. Sebab saat Anda membeli layanan hosting, maka secara otomatis akan memperoleh layanan wordpress.

Anda bisa menggunakan layanan wordpress tersebut dan berbagai fitur di dalamnya. Tapi meski terjangkau, hosting harus berkualitas dan cepat.

  1. Proses Instalasi Mudah

Keuntungan menggunakan wordpress berikutnya adalah proses instalasinya sangat mudah. Sebab, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja untuk proses instalasi. Prosesnya juga tidak memakan banyak waktu. 

Bahkan, beberapa menyedia layanan hosting menciptakan wordpress yang bisa diinstall hanya dalam satu klik. Jika Anda malas melakukan instalasi, saat ini sudah ada jasanya tersendiri. 

Jadi, Anda tinggal menunggu penyedia jasa menginstallnya. Jika sudah selesai, maka wordpress bisa langsung digunakan. Hal menarik lainnya adalah Anda juga bisa melakukan migrasi dari platform lain ke wordpress.

  1. Banyak Plugin Tambahan

Keuntungan menggunakan wordpress adalah Anda akan mendapatkan plugin gratis yang diperoleh dari repositori. Tapi, Anda juga bisa memanfaatkan plugin berbayar yang memiliki fitur lebih lengkap. 

Sehingga saat menggunakan wordpress, Anda tidak perlu lagi bingung untuk mengoptimasi blog. Sebab, banyak sekali plugin yang berisi fitur optimasi. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi blogger.

Plugin sendiri adalah software tambahan yang memiliki fungsi khusus untuk menambah fitur pada blog. Fungsi dari plugin sendiri adalah untuk membantu kinerja suatu website.

Saat ini sudah banyak website yang menjual plugin wordpress dengan harga terjangkau. Jadi, Anda akan lebih dimudahkan lagi.

  1. Tampilan Mudah Disesuaikan

Keuntungan menggunakan wordpress selanjutnya adalah tampilannya mudah disesuaikan. Sebab, Anda hanya perlu memasang tema pada template wordpress. Saat ini pilihan temanya juga sangat banyak.

Anda bisa menemukan berbagai tema gratis dan berbayar. Sebelum memilih tema, pastikan tema tersebut responsif agar pengunjung blog merasa nyaman dan betah. Sehingga, tidak memerlukan waktu lama untuk loading.

  1. SEO dan Mobile Friendly

Keuntungan menggunakan wordpress adalah SEO friendly. Sehingga, artikel Anda muncul pada halaman pertama google sangat tinggi. Selain itu, terdapat banyak plugin pendukung yang bisa mengoptimasi SEO.

Selain SEO friendly, wordpress juga mobile friendly. Artinya dapat dengan mudah dibuka melalui ponsel. Proses loadingnya cepat dan tampilannya menyesuaikan dengan ponsel secara otomatis.

Platform membuat blog saat ini semakin berkembang dan semakin banya, tapi mayoritas blogger tetap menggunakan Wordpress. Hal ini dikarenakan banyak keuntungan menggunakan wordpress.

Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "Keuntungan Menggunakan Wordpress untuk Membuat Blog"