Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Monetize Channel YouTube yang Kamu Harus Tau

Daftar Isi [Tampil]

Cara monetize channel YouTube tidak hanya harus menggunakan iklan tayang secara konvensional seperti Adsense. Sebagai konten kreator, ada beberapa metode lainnya yang bisa Kamu coba agar akun bisa menghasilkan uang.

Cara Monetize Channel YouTube yang Kamu Harus Tau

Seiring dengan semakin berkembangnya platform periklanan, pihak YouTube sendiri terus mengembangkan opsi agar konten kreator bisa menghasilkan pendapatan. Di mana hal tersebut telah menjadi model bisnisnya dan bertahan hingga kini.

Cara Monetize Channel YouTube Agar Menghasilkan Uang

Selain Adsense secara konvensional, ada beberapa metode yang harus Kamu ketahui untuk menghasilkan uang dari YouTube. Mulai dari mendaftar sebagai membership, berlangganan saluran Premium, hingga menggunakan model pembelian fitur-fitur khusus.

  1. Mendaftar keanggotaan untuk channel tertentu 

Metode berlangganan memungkinkan kreator konten menawarkan tayangan eksklusif kepada penonton yang bergabung dengan channelnya. Sebagai pelanggan, mereka akan membayar bulanan dengan harga yang ditetapkan oleh kreator sebagai pemasukannya secara rutin.

Cara monetize channel YouTube tersebut efektif diterapkan jika kreator telah memiliki basis pengikut dengan loyalitas tinggi. Besar kecilnya pendapatan bulanan, sangat bergantung terhadap seberapa banyak penonton yang mendaftar sebagai member.

  1. Metode berlangganan saluran (YouTube) premium

YouTube Premium merupakan opsi langganan berbayar yang memungkinkan pelanggan menikmati berbagai fasilitas tertentu. Mulai dari menikmati konten tanpa iklan. Pemutaran di latar belakang, unduhan, hingga akses premium ke YouTube Music. 

Sebagian besar pendapatan dari berlangganan secara premium tersebut masuk ke mitra yang bekerjasama dengan penyedia platform. Dengan cara ini, Kamu bisa meraup pendapatan secara rutin selain monetisasi lewat Adsense konvensional.

  1. Menggunakan model pembelian fitur-fitur khusus

Cara monetize channel YouTube berikutnya adalah dengan memanfaatkan metode pembelian fitur-fitur khusus di dalam video. Fitur tersebut adalah Super Chat, Super Thanks, Super Sticker, sebagai ungkapan apresiatif terhadap performa kreator.

Masing-masing dari fitur tersebut bisa digunakan untuk menulis komentar, berterima kasih, hingga memberikan hadiah kepada kreator. Hanya saja, bentuknya bisa dimodifikasi seperti memberi warna, atau highilight tertentu sehingga mudah dikenali.

  1. Pembelian merchandise dan tiket

Galeri merchandise memungkinkan saluran untuk menampilkan informasi merek resmi secara langsung di halaman Kreator. Mereka bisa meraup pemasukan dari penjualan tersebut, yang bekerjasama dengan 30 pengecer berbeda di seluruh dunia.

Sedangkan Cara monetize channel YouTube lewat pembelian tiket ditujukan secara spesifik untuk kreator yang menggelar pertunjukan. Mulai dari musisi, komedian tunggal, dan lain sebagainya lewat satu platform pembelian secara resmi.

  1. Tips Agar Akun Bisa Segera Dimonetisasi dengan Iklan

Monetisasi akun YouTube memang terbilang gampang-gampang susah, terutama bagi kreator pemula. Meski demikian, ada beberapa tips jitu untuk melakukannya seperti menyuguhkan konten orisinal, mengumpulkan jumlah viewer. hingga tidak melanggar aturan.

  1. Menyuguhkan konten-konten original

Konten orisinil sangat disukai oleh pihak YouTube karena dianggap mampu memperkaya kualitas tayangan di platform milik mereka. Bagi kreator, hal semacam ini merupakan kesempatan untuk melakukan brand lewat konten-konten tersebut.

Salah satu cara monetize channel YouTube ritel satu ini merupakan syarat utama agar akun disetujui untuk mulai menampilkan iklan. Dari tampilan iklan tersebut, kreator bisa menghasilkan uang lewat program bernama Google Adsense.

  1. Mengumpulkan viewer dan subscriber dalam jumlah tertentu

Menyuguhkan konten-konten orisinal saja tidak cukup sebagai persyaratan untuk mengajukan monetisasi. Kamu perlu mengumpulkan total viewer dalam jumlah tertentu, serta subscriber yang ditetapkan sebagai standar utama untuk menampilkan iklan Adsense.

Secara umum, pihak YouTube mensyaratkan kreator agar memiliki minimal 1.000 subsciber di saluran miliknya. Syarat kedua adalah mampu menampilkan views sebanyak 4 ribu jam pemutaran dalam jangka waktu 12 bulan.

  1. Tidak melanggar aturan selama akun dibuat

Cara monetize channel YouTube yang paling penting adalah tidak melanggar aturan dan ketentuan dasar selama akun dibuat. Jika peraturan ini dilanggar, saluran tidak diijinkan untuk menampilkan iklan hingga risiko dihapus.

Contoh dari pelanggaran tersebut yang paling sering dilakukan adalah mencomot video orang lain untuk ditayangkan. Selain terganjal masalah copyright, hal tersebut juga berpotensi merusak nama besar YouTube karena adanya plagiat.

Oleh sebab itu, butuh persiapan matang jika ingin menghasilkan uang dari saluran YouTube. Selain Adsense, metode di atas juga bisa dicoba sebagai salah satu cara monetize channel YouTube dengan mudah.

Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "Cara Monetize Channel YouTube yang Kamu Harus Tau"