Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Marketing di TikTok untuk Content Creator Pemula

Daftar Isi [Tampil]

Strategi marketing di TikTok pada saat ini banyak dipelajari oleh para pemasar hingga pebisnis online. Platform berbasis video tersebut dianggap sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan lewat aktivitas periklanan seperti promosi.

Strategi Marketing di TikTok untuk Content Creator Pemula

Pemasaran TikTok adalah praktik menggunakan platform tersebut untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan. Fitur-fiturnya mencakup berbagai taktik yang dibutuhkan, seperti pemasaran berbasis influencer, format iklan, serta pembuatan konten viral organik.

Strategi Marketing di TikTok Agar Meningkatkan Penjualan Secara Online

Jika sudah memiliki akun, tinggal pilih opsi ubah akun personal menjadi bisnis. Agar performa pemasaran semakin meningkat, strategi marketing seperti menentukan audiens, audit kompetitif, hingga posting secara teratur adalah pilihannya.

  1. Tentukan audiens yang menjadi target pemasaran

Sebelum Kamu mulai membuat konten, pelajari tentang demografi pengguna serta identifikasi mereka terlebih dahulu. Cara audiens dengan ketertarikan tinggi terhadap produk yang Kamu promosikan lewat TikTok sebagai konsumen paling potensial.

Strategi marketing di TikTok tersebut bisa berjalan jika basis audiensnya telah ditentukan sebelumnya. Baik berdasarkan interaksi secara langsung, metriks kunjungan, demografi, kecenderungan pemilihan topik lewat tayangan video, dan lain sebagainya. 

  1. Lakukan audit kompetitif

Melakukan audit kompetitif sangat baik untuk memahami kinerja kompetitior dalam melakukan pola pemasaran. Terlebih jika menggunakan platform yang sama, secara umum persaingan dalam melakukan kampanye periklanan tentu  tidak bisa dihindari.

Cobalah mempelajari dari apa yang berhasil dan apa yang kurang berhasil untuk mereka. Jika dirasa bermanfaat, gunakan metode S.W.O.T. guna mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, serta kemungkinan ancaman dari kompetitor.

  1. Posting secara teratur

Strategi marketing di TikTok berikutnya adalah rutin memposting konten secara konsisten berdasarkan jadwal yang telah disusun. Salah satunya adalah membuat kalender konten, sebagai strategi utama dalam pemasaran melalui media sosial.

Kamu bisa memanfaatkan template gratis yang banyak ditemukan di internet jika kesulitan untuk merancang jadwal postingan. Pastikan juga menggunakan bantuan tools khusus seperti analytics guna melihat perkembangan seluruh aktivitas pemasaran.

  1. Amati setiap prosesnya dengan tools khusus

Analytics bukan hanya menjadi alat paling sempurna sebagai pemantau perkembangan pemasaran di TikTok. Lebih dari itu, teknologinya memungkinkan kamu untuk mengukur apakah kinerja serta performa strategi marketing berhasil atau tidak. 

Secara tidak langsung, strategi marketing di TikTok membutuhkan tools seperti analytics untuk memantau aktivitas pemasaran. Kamu bisa melakukannya dengan rentang waktu setidaknya sebulan sekali, agar bisa mengambil data-data sekaligus kesimpulannya.

Alasan TikTok Sangat Efektif Sebagai Platform Pemasaran Online

Aplikasi asal China ini sangat populer di kalangan remaja generasi Z serta kaum milenial. Penggunaan video sebagai metode untuk menyajikan konten, menjadi alasan bagi TikTok sangat cocok sebagai platform pemasaran.

  1. Aplikasinya sangat populer di dunia

Keberadaan TikTok sangat fenomenal ketika aplikasi tersebut diluncurkan pertama kali untuk publik pada tahun 2016 silam. Penggunaannya kebanyakan merupakan remaja usia produktif serta kaum milenial yang potensial sebagai target pemasaran.

Seiring berjalannya waktu, strategi marketing di TikTok semakin dikembangkan untuk mengakomodasi kebutuhan bisnis. Dengan basis pengguna yang luar biasa di seluruh dunia, aplikasi tersebut sangat cocok sebagai alat pemasaran online.

  1. Berbasis video sehingga cocok untuk promosi

Dibandingkan dengan tulisan, video lebih ampuh sebagai perantara pesan dalam sekali tayang. Hal inilah yang menjadi salah satu keunggulan dari TikTok, terutama jika digunakan untuk melakukan aktivitas pemasaran secara online.

Pengguna yang memiliki akun bisnis bisa memanfaatkan fitur-fitur tambahan seperti analytics dan sejenisnya di dalam satu platform. Tinggal membuat konten terbaik untuk audiens, maka segmentasi pasar akan tercipta secara organik.

  1. Mudah digunakan oleh pemula sekalipun

Strategi marketing di TikTok merupakan pengembangan lebih lanjut jika Kamu memiliki akun khusus bisnis. Di dalamnya ada beberapa tools utama seperti analytics dan sejenisnya, selain fitur untuk mengunggah konten video.

Kamu bisa mempelajari atau bahkan mengembangkan strategi marketing setelah menguasai penggunaan aplikasi secara menyeluruh. Tampilan TikTok dari segi visual maupun UX sendiri sangat mudah dipahami sehingga tidak menyulitkan bagi pemula.

Aplikasi berbasis video tersebut saat ini masih dianggap sebagai platform hiburan secara online. Meski demikian, penggunaannya sebagai alat untuk melakukan pemasaran sangat tinggi, sehingga strategi marketing di TikTok perlu dipelajari.


Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "Strategi Marketing di TikTok untuk Content Creator Pemula"