Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Produk Kuliner Nusantara Dengan Cita Rasa Universal

agranik.id - Indonesia memiliki banyak kekayaan kuliner yang unik dan khas. Beberapa di antaranya memiliki cita rasa yang bisa dikatakan internasional karena bisa diterima oleh khalayak luas dari berbagai penjuru dunia. Kuliner nusantara merupakan bagian dari kekayaan budaya yang unik dan menjadi ciri khas Indonesia.

Bakso

Salah satu produk kuliner nusantara yang populer dan sangat bisa diterima oleh beragam kalangan adalah bakso. Makanan dengan bahan dasar daging ini cukup umum disajikan dengan paduan mie dan beberapa bahan pelengkap seperti pangsit dan daun sawi serta seledri.

3 Produk Kuliner Nusantara Dengan Cita Rasa Universal

Bakso sebagai sebuah produk kuliner sudah berkembang campur tangan kreatif pelaku bisnis kuliner nusantara. Bakso juga memunculkan ciri khusus di beberapa daerah seperti bakso Malang. Bahkan bakso versi modern memunculkan produk unik seperti bakso beranak yang memiliki konsep sebuah bakso besar yang di dalamnya terdapat bakso lain berukuran lebih kecil dalam jumlah banyak. 

Sate

Sate merupakan cara memasak daging dengan cara ditusuk dan kemudian dibakar. Akan tetapi ada pula sate yang proses memasaknya tidak dibakar, akan tetapi disajikan dengan format daging yang ditusuk. Beberapa daerah memunculkan produk kuliner nusantara yang khas berupa sate seperti sate ayam Madura, sate Klatak, sate Padang ataupun sate kelinci yang populer di sekitar telaga Sarangan, Jawa Tengah.

Daging yang digunakan untuk membuat sate juga beragam seperti daging ayam, kambing, sapi ataupun jenis hewan lain. Dalam perkembangannya, kuliner nusantara ini juga muncul sesuai dengan keanekaragaman hayati yang ada di sekitar seperti munculnya sate kerang, keong dan juga sate bekicot.

Soto

Produk kekayaan kuliner nusantara yang lain adalah soto. Sama dengan bakso, soto juga berkembang dan memunculkan ciri – ciri khusus di berbagai daerah seperti soto Sokaraja, soto Madura, soto Lamongan ataupun soto Betawi.

Berbeda dengan bakso yang umumnya dimakan tanpa nasi, produk kuliner nusantara disajikan bersama nasi atau ketupat. Rumus dasar soto terdiri dari kuah kaldu, mie putih, potongan daging dan campuran sayuran seperti kol dan seledri. Daging yang digunakan soto juga beragam, dari ayam hingga daging sapi ataupun jeroan.

Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "3 Produk Kuliner Nusantara Dengan Cita Rasa Universal"