Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selera Kuliner Nusantara dengan Nuansa Rempah

agranik.id - Nusantara dikenal dunia sebagai salah satu gudang rempah – rempah. Tidak salah jika kemudian muncul banyak produk kuliner nusantara yang memiliki nuansa rasa dengan rempah – rempah yang kuat. Ada beberapa kuliner dengan kekuatan rempah yang istimewa. Berikut ini 3 kekayaan kuliner Indonesia yang bisa bikin lidah bergoyang karena rasa rempah yang nendang.

Selera Kuliner Nusantara dengan Nuansa Rempah

Ayam Taliwang 

      Kuliner nusantara khas ini berasal dari pulau Sumbawa bagian Barat, tepatnya dari daerah Taliwang yang kemudian menjadi identitas namanya. Masakan dengan bahan ayam ini memiliki cita rasa yang unik dengan perpaduan bumbu rempah yang kuat. Ayam taliwang dimasak dengan cara dibakar menggunakan bumbu saus yang memadukan bumbu berupa cabai merang kering, tomat, bawang merah, bawang putih, kencur dan gula merah.

      Kuliner nusantara ini disajikan bersama dengan nasi dan umumnya ditemani dengan sayur berupa potongan tomat dan mentimun. Terkadang ayam taliwang disajikan bersama dengan plecing kangkung yang pedas. Keunikan rasa kuliner nusantara ini juga muncul berkat tambahan sambal terasi dan cairan jeruk nipis yang diaplikasikan pada daging ayam sebelum dimakan.

Rendang

      Masakan yang menjadi bagian dari menu penting masakan Padang ini memiliki cita rasa rempah yang sangat kuat. Rendang terbuat dari daging sapi dan dimasak dengan bumbu rempah yang beragam. Rendang bisa mewakili selera kuliner nusantara yang memadukan rasa pedas, hangat, gurih dan manis asin dalam satu paket. 

      Perpaduan rasa tersebut muncul berkat bumbu rempah yang beragam seperti lengkuas, kunyit, jahe, cabai dan bawang putih serta bawang merah. Daging rendang yang empuk dan beraroma rempah dihasilkan melalui proses memasak dengan suhu rendah hingga berjam – jam. 

      Rendang khas Padang umumnya kering karena mengalami proses karamelisasi santan. Produk kuliner nusantara ini biasanya disajikan bersama dengan nasi atau ketupat dengan tambahan sayur daun singkong rebus dan sambal cabai hijau.

Itulah dua produk kuliner nusantara yang memiliki cita rasa khas dengan bumbu rempah yang kuat. Keduanya bisa mewakili identitas Indonesia sebagai negara yang dikenal dengan kekayaan rempah – rempah sejak lama.

Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "Selera Kuliner Nusantara dengan Nuansa Rempah"