Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Jajanan Viral Yang Terpengaruh Tren Budaya Korea

agranik.id - Bisnis kuliner merupakan salah satu bidang bisnis yang dinamis dan selalu menarik. Kreativitas pelaku bisnis di bidang tersebut seringkali memunculkan produk – produk kuliner baru. Beberapa di antaranya kemudian menjadi jajanan viral karena menciptakan tren yang tidak hanya dibicarakan, tetapi juga ditiru.

Tren jajanan viral ini bisa terjadi karena beberapa alasan, salah satunya efek budaya populer. Kasus ini terlihat jelas pada munculnya tren makanan dan jajanan ala Korea setelah Indonesia dilanda badai K-Pop dan drakor alias drama Korea. Ada fenomena makanan yang muncul di drakor kemudian banyak dicari, sebuah peluang pelaku bisnis kuliner dan ketika dieksekusi kemudian menjadi populer.

1. Korean Hot Dog

Salah satu jajanan viral ala Korea yang populer adalah Korean Hot Dog, makanan ini kadang juga disebut dengan nama Corndog. Makanan ini memiliki banyak variasi, misalnya dengan menambahkan saus pedas bagi penyuka makanan pedas atau justru ditambah dengan bubuk gula bagi penggemar yang manis – manis. Agar lebih mengenyangkan, Korean Hot Dog ini seringkali juga disantap bersama dengan kentang.

2. Roti Ubi

Jajanan viral ala Korea lain yang juga pernah populer adalah roti ubi Korea. Makanan ini sebelum viral di Indonesia sudah terlebih dahulu populer di negara asalnya.

Roti ubi ini juga memiliki beragam variasi, akan tetapi memiliki kesamaan ciri berupa wujudnya yang terlihat seperti ubi. Terdapat variasi warna yang berbeda – beda seperti warna merah muda hingga ungu seperti sebuah ubi ungu.

Meski terlihat seperti ubi, ternyata makanan ini sebenar – benarnya adalah roti. Roti dengan tekstur kenyal ini juga dikenal dengan sebutan sweet potato mochi bread. Sedangkan isi roti tersebut bisa benar – benar terbuat dari ubi ataupun isian lain seperti keju ataupun cokelat.

3. Korean Sandwich

Jajanan viral kekinian lain yang juga sempat sangat populer berkat budaya populer Korea adalah Korean Sandwich. Makanan ini berupa roti isi dengan beragam isian seperti telur orak – arik, keju ataupun olahan daging. Sedangkan untuk mempertajam rasanya seringkali ditambah dengan saus dengan citarasa pedas, manis ataupun asin.

Itulah beberapa jajanan viralyang muncul berkat kepopuleran budaya Korea melalui jalur musik K-Pop dan sinema berupa drama Korea.

Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "3 Jajanan Viral Yang Terpengaruh Tren Budaya Korea"