Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Jajanan Viral yang Berasal dari Jajanan Klasik Tradisional

agranik.id - Jajanan yang populer dan kemudian menjadi jajanan viral ternyata ada juga yang asli berasal dari Indonesia. Beragam suku bangsa di Indonesia memiliki aneka ragam makanan yang merupakan bagian dari kekayaan budaya. Beberapa di antaranya ternyata bisa menjadi populer dan dikenal oleh khalayak luas.

1. Kue Cubit

Salah satu makanan tradisional yang sempat menjadi jajanan viral populer adalah kue cubit. Jajanan yang awalnya populer di Jakarta ini dulu sering dijajakan berkeliling dengan menggunakan sepeda.

Kini kue cubit sudah dikenal luas dan menjadi salah satu jajanan yang populer. Sentuhan modern terjadi pada kue yang dahulu hanya dikenal memakai topping meses ini. Sekarang ada banyak varian kue cubit, salah satunya dengan aneka ragam topping kekinian seperti keju, selai buah hingga taro.

2. Kue Leker

Jajanan viral ini kembali muncul setelah sempat populer di tahun 90-an. Konon katanya, kue leker ini terinspirasi panekuk atau pancake dan sudah ada sejak jaman Belanda.

Kue leker dulu seringkali hanya berisi gula, potongan pisang atau cokelat. Sekarang jajanan viral sederhana ini muncul dalam aneka ragam variasi, mulai dari ukuran hingga isian. Saat ini tidak sulit untuk menemukan kue leker dengan isi keju, oreo ataupun green tea. Bahkan ada varian leker asin atau gurih yang diisi sosis hingga keju mozarella.

3. Cimol

Jajanan viral tradisional yang sekarang sangat populer dan bisa ditemukan di berbagai tempat ini merupakan salah satu varian dari beragam jajanan berbahan tepung aci dari Jawa Barat. Cimol umumnya berbentuk bulat dan tidak memiliki isi, kadang jajanan ini disajikan setelah digoreng.

Dulunya cimol disajikan dengan bumbu tabur yang menambah cita rasa asin atau pedas. Kini cimol dimodifikasi dengan aneka ragam rasa. Beberapa di antaranya disajikan dengan saus keju atau saus cocolan pedas. Selain itu juga ada saudara cimol berupa cilok yang memiliki isi tertentu.

Itulah beberapa jajanan viral yang berasal dari produk makanan atau jajanan tradisional atau jajanan klasik. Sentuhan modern menghasilkan aneka ragam varian yang disesuaikan dengan cita rasa lidah kekinian konsumennya.

Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "3 Jajanan Viral yang Berasal dari Jajanan Klasik Tradisional"