Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Manfaat Aplikasi Instagram untuk Kalangan Umum dan Bisnis

agranik.id - Instagram adalah aplikasi berbagi foto dan video yang populer di kalangan masyarakat. Mudahnya dalam penggunan aplikasi serta fitur yang ditawarkan.Banyak yang menyambut positif, baik kalangan umum maupun bisnis.  Aplikasi instagram sendiri merupakan salah satu aplikasi milik facebook, yang sekarang facebook sudah berganti nama menjadi meta. 


Aplikasi instagram sebagai aplikasi sosial media tentunya tidak lepas dari aplikasi pertemanan sama halnya dengan facebook. Istilah pertemanan dalam instagram dikenal dengan sebutan follow. Pengguna aplikasi instagram ini dapat memfollow seseorang agar mengetahui update terbaru. Nantinya Aplikasi instagram ini akan memberikan notifikasi atau pemberitahuan update terbaru.

Seperti yang disebutkan di atas aplikasi ini merupakan aplikasi berbagi gambar dan video. Aplikasi instagram ini menekankan pada fungsinya untuk berbagi gambar dan video. Dengan banyaknya pengguna aplikasi ini, tentunya merupakan peluang pasar bagi para pelaku bisnis sehingga aplikasi instagram dapat dijadikan salah satunya sebagai media promosi. 

Berikut ini 6 manfaat aplikasi instagram untuk kalangan umum dan bisnis, diantaranya:

1. Berbagi moment dan ajang narsis

Beberapa kalangan sering mengabadikan sebuah momen yang menurutnya berkesan sehingga secara reflek mereka akan memfoto dan menyimpannya. lalu membagikannya kepada teman atau publik dengan memasang / memposting di instagram. 

Manfaat lainnya sebagai ajang narsis di sosial media, Instagram bisa disebut juga buku album yang bisa dilihat secara publik. Momen-momen kebahagiaan atau kelucuan tentang keseharian atau lainnya, sehingga tidak jarang follower akan mengomentari gambar atau video yang di upload di instagram. 

Bahkan sekarang para pelaku bisnis sengaja menyediakan spot khusus untuk berfoto agar tempat atau objek usahanya nya banyak diposting anak muda. Karena tempatnya yang instagramable. Ketika orang selfi buat narsis-narsisan dengan latar restourant secara tidak langsung mereka mempromosikan tempat tersebut. 

2. Sebagai Sarana Hiburan

Penggunaan handphone selain sebagai telpon dan SMS juga dapat dijadikan sebagai alat hiburan. dengan memasang atau menginstal aplikasi instagram ini kita bisa mendapatkan hiburan yang praktis dan simple. 

Kita bisa mencari video dari yang kocak terbahak-bahak sampai yang garing di instagram. Juga untuk sekedar menghibur diri bisa juga melihat produk-produk UMKM yang terpasang instagram. barang-barang produk ekonomi kreatif yang unik sampai barang mewah.

3. Menjadi Selebgram 

Disaat ini untuk menjadi seorang artis tidak harus bermain sinetron atau bisa bernyanyi. Tidak jarang dikalangan artis bermula dari selebgram. Selebgram atau selebritis instagram banyak diminati. para selebgram dibayar untuk mempostingkan produk di instagramnya untuk dipromosikan. 

Seorang selebgram harus memiliki banyak follower, dengan banyaknya follower ini akan dilirik oleh perusahaan atau produsen yang ingin mempromosikan produknya.  Jumlah follower bisa menjadi ukuran tarif promosi seorang selebgram.

4. Media Promosi Usaha 

Aplikasi instagram dapat dimanfaatkan untuk promosi usaha. Apabila kamu memiliki usaha makanan, baju atau kaos, atau kerajinan tangan dan lainnya bisa dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di instagram. baik lewat postingan, story dan fitur shop. 

Instagram bisa juga berfungsi sebagai katalog barang dagangan kamu, atau sebagai etalase online sehingga mudah untuk dilihat dan dipajang untuk ditawarkan kepada masyarakat. Dengan adanya fitur video, produk terlihat real sehingga bisa memberikan penilaian positif dimata calon pembeli. 

5. Buat Akun Khusus

Salah satu fitur yang ada di instagram adalah tanda verifikasi centang biru. Jika akun instagram sudah memiliki centang biru biasanya akan menambah nilai positif bagi seseorang. Semisal seorang artis memiliki akun instagram namun akun instagramnya belum memiliki centang biru, biasanya oleh sesama artis akan di ejek dan dipertanyakan keartisannya, 

6. Mencari Inspirasi 

Saat waktu luang sebagian orang akan menghabiskan waktunya untuk menggunakan hape. Nah jika kalian ingin mencari inspirasi bisa juga dengan melihat-lihat instagram. kalian dapat memfollow sosok atau akun yang sesuai dengan hobi kalian. 

Jika kalian ingin memulai usaha bisa juga mencari inspiarsi melalui instagram dengan melihat para pelaku bisnis yang ada di instagram. dengan metode 3 M yaitu mengamati, meniru dan memodifikasi.  
Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "6 Manfaat Aplikasi Instagram untuk Kalangan Umum dan Bisnis"