Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Merawat PC Supaya Keawetannya Bisa Terjaga

agranik.id - Ada banyak orang di luar sana yang mencari tips merawat PC. Pencarian ini sebenarnya merupakan hal yang sangat bermanfaat. Itu karena PC yang rusak akan memberikan banyak kerugian.

Tips Merawat PC Supaya Keawetannya Bisa Terjaga . Agranik.id

Nantinya pekerjaan yang menumpuk tidak bisa diselesaikan. Ini jelas akan membuat seseorang merasa stres. Belum lagi proses perbaikan sering kali membutuhkan waktu lama. Ini jelas berbanding terbalik dengan deadline pekerjaan yang biasanya mepet.

Perlu diingat, biaya perbaikan PC sendiri tidak selamanya murah. Memang sebagian orang hanya mengeluarkan uang beberapa ratus ribu rupiah ketika perbaikan dilakukan. Namun hal berbeda akan terasa ketika kerusakannya parah.

Nantinya perbaikan membutuhkan biaya hingga jutaan rupiah. Bahkan terdapat kondisi dimana PC sudah tidak mungkin untuk diperbaiki. Hal ini jelas membuat kerugian begitu terasa.

Oleh karena itu, tips dalam merawat PC bisa menjadi hal yang sangat bermanfaat. Nantinya berbagai keperluan bisa diselesaikan tanpa merasa terganggu oleh kerusakan.

Berikut Tips Merawat PC Terbaik

Tips yang bisa dilakukan sendiri terbagi ke dalam beberapa poin. Ingat tips yang dijelaskan disini adalah satu kesatuan. Tidak disarankan untuk menjalankan satu poin apabila poin yang lain tidak dilakukan.

Oleh sebab itu, lakukan tips merawat PC ini secara menyeluruh. Agar pembahasan lebih lengkap, berikut panduannya secara lebih lengkap.

1. Cek Tegangan

Tips pertama untuk merawat PC berhubungan dengan tegangan listrik. Perlu diingat, alat elektronik seperti PC tidak bisa menyala tanpa adanya arus listrik. Hal tersebut membuat koneksi dengan tegangan perlu dilakukan secara konstan.

Normalnya beberapa orang tidak memerhatikan arus yang masuk ke PC. Perlu diketahui, arus yang terlalu besar atau kecil bisa memberikan efek buruk. Oleh sebab itu dalam tips merawat PC, pastikan tegangan dari listrik berada pada kondisi pas.

Sebenarnya akan lebih baik apabila UPS digunakan. UPS adalah stabilizer yang memiliki kemampuan untuk menstabilkan tegangan. Dengan alat ini Anda tidak perlu lagi memastikan apakah tegangan normal atau tidak.

2. Mematikan Komputer

Beberapa orang sering sembarangan ketika mematikan komputer. Dalam tips merawat PC, hal tersebut merupakan kesalahan besar. Komputer memang bisa dimatikan dengan menekan tombol power di CPU.

Namun hal itu hanya perlu dilakukan ketika kondisi terdesak. Jika hal ini dilakukan terlalu sering, kondisi hardware bisa terganggu. Itu karena hardware tersebut akan nonaktif secara tiba-tiba.

Bahkan terdapat beberapa kondisi dimana hal ini menyebabkan hardware mengalami kerusakan. Mematikan komputer secara normal sendiri sebenarnya tidak sulit. Prosesnya bisa dilakukan dengan mengklik tombol shutdown di layar.

3. Lihat Pendingin

Di dalam komputer, ada banyak hardware yang bekerja secara terus menerus. Hardware tersebut seperti RAM, processor, dan motherboard. Ketika komputer dinyalakan dalam waktu lama, hardware ini pasti mengalami peningkatan suhu.

Disinilah tips merawat PC perlu dipraktekkan. Prakteknya sendiri dilakukan dengan mengecek alat pendingin atau kipas yang ada di komputer. Pastikan kipas tersebut bekerja secara normal agar suhu hardware terjaga.

Perlu diingat, segera perbaiki apabila kipas sudah tidak optimal. Hal ini bisa berefek buruk karena beberapa hardware sangat mungkin terbakar. Menggunakan kipas tambahan juga sangat disarankan agar proses pendinginan menjadi lebih baik.

4. Teliti

Tips merawat PC selanjutnya berhubungan dengan ketelitian. Ingat pastikan komputer dijauhkan dari hal-hal yang berpotensi merusak. Hal pertama yang perlu diingat adalah tempat penyimpanan.

Adalah kesalahan besar jika PC di simpan pada posisi yang terkena sinar matahari langsung. Nantinya peningkatan suhu akan terjadi dan bisa menyebabkan kerusakan. Selain itu, jauhkan air dari komputer.

Air sendiri memang musuh utama dari alat elektronik. Ketika mengenai komputer, kemungkinan kerusakan menjadi lebih besar. Sangat bijak apabila menjauh ketika sedang meneguk air putih atau minuman lain.

5. Antivirus

Tips yang dibahas disini bukan hanya dari segi hardware. Diperlukan juga upaya lebih untuk merawat software. Itu karena software yang rusak bisa menyebabkan hardware bekerja keras dan nantinya mengalami penurunan performa.

Salah satu cara termudah untuk merawat software adalah menggunakan antivirus. Perlu diingat kalau antivirus yang digunakan harus berkualitas. Pastikan juga kalau antivirus tersebut terus menyala.

Pastikan untuk selalu detail dalam merawat PC. Jika tidak detail, seseorang pasti merasakan banyak efek buruk. Perlu diingat juga untuk selalu konsisten dalam menerapkan tips merawat PC di atas.

Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "Tips Merawat PC Supaya Keawetannya Bisa Terjaga"