Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengetahui Cara Merawat HP Agar Berumur Panjang

Daftar Isi [Tampil]

agranik.id - Mengetahui cara merawat HP dapat meminimalkan risiko penurunan fungsi serta performa masing-masing perangkatnya. Hal inilah yang terkadang disepelekan oleh beberapa penggunanya.

Perlu diketahui, HP kini menjadi ‘kebutuhan pokok’ bagi seluruh umat manusia, baik remaja, dewasa hingga lanjut usia. Bahkan tidak bisa dipungkiri lagi jika anak di bawah umur juga menjadikan salah satu gadget ini sebagai sarana hiburan atau belajar.

Mengetahui Cara Merawat HP Agar Berumur Panjang

Meski banyak pengembang HP yang menawarkan perangkat berkualitas tinggi dengan harga terjangkau, namun mampu merawat gadget tersebut juga penting. Sehingga tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk hal servis atau perbaikan lainnya.

Cara merawat HP sendiri tidaklah sesulit yang Anda pikirkan, bahkan terbilang sangat mudah jika dilakukan secara rutin, simpel dan tidak memerlukan biaya tambahan.

Alasan positif lain dari kebiasan merawat adalah dapat menjadikan seseorang lebih menghargai barang apa saja. Baik dengan harga mahal atau murah, keduanya sama membutuhkan perhatian.

Cara Merawat HP Agar Berumur Panjang

Cara dalam merawat HP yang akan Kami jabarkan pada tulisan, terbagi menjadi tiga bagian, luar, dalam dan performa baterai. Hal ini demi bisa memberikan perawatan yang sesuai untuk masing-masingnya.

Dan yang terpenting agar selalu ingat melakukannya secara rutin dan menjadikan itu kebiasaan positif. Anda hanya harus menyediakan sedikit waktu, bisa saja di saat santai sembari mengerjakan kegiatan ringan lainnya.

Cara Merawat Bagian Luar HP

Cara merawat HP pertama yaitu pada bagian luarnya, di mana dapat merawat tampilan luarnya agar membuat perangkat Anda selalu terlihat mulus dan baru, berikut dua caranya:

1. Anda harus menjaga kebersihan perangkat, baik dari debu, air, tumpahan makanan atau minuman dan sebagainya. Hal ini sangat penting demi menghindari kotoran masuk ke dalam bagian CPU perangkat dan berisiko fatal.

2. Demi mempertahankan casing perangkat yang mulus dan bersih dari goresan, ada baiknya menggunakan Case Ponsel. Terlebih, dengan banyaknya variasi Case bisa meningkatkan tampilannya menjadi lebih menarik.

3. Pada bagian depan perangkat, Anda bisa menggunakan pelindung layar agar terhindar dari goresan. 

4. Jauhkan perangkat dari objek atau situasi yang terlalu panas dan dingin. Karena bisa saja berdampak pada body HP.

Cara Menjaga Performa Tetap Stabil

Cara merawat HP yang kedua ada pada bagian performanya, demi mempertahankan kerja sistemnya tetap stabil juga perlu perawatan khusus, berikut beberapa tahapannya:

1. Jangan biasakan mempertahankan aplikasi tidak terpakai lama berada di dalam perangkat Anda. lebih baik langsung Uninstall karena hanya akan memberatkan performa Ram dan internal di dalamnya.

2. Ada baiknya juga selalu melihat rincian aplikasi sebelum diunduh, dan memilah dengan yang sesuai kapasitas perangkat masing-masing, agar tidak membuat sistem lemot.

3. Poin ketiga ini sering diabaikan oleh para pengguna perangkat Android, yaitu berani menginstall aplikasi di luar Playstore atau tidak legal. Tentu saja, dapat berpotensi membawa malware kepada sistem internalnya.

4. Sudah menghapus beberapa aplikasi, tetapi performa masih lambat? Mungkin saja Anda menjalankan terlalu banyak software tanpa menutup lainnya. Hal ini bisa saja menurunkan langsung kecepatan sistemnya.

Cara Merawat Baterai HP

Cara merawat HP ketiga adalah untuk bagian baterai, di mana sering mengalami banyak permasalahan seputar daya pengisiannya. Hal ini bisa jadi karena kurang pemahaman pengguna terhadap beberapa pantangannya, seperti berikut :

1. Memang benar tidak ada kewajiban untuk mematikan perangkat ketika sedang melakukan pengisian baterai, namun bisa menurunkan risiko kerusakan selama pengisian daya, apalagi kasus kebocoran.

2. Mode getar pada perangkat terkadang dapat membuat baterai bekerja lebih keras, sehingga semakin lama menurunkan dayanya.

3. Disarankan untuk tidak membiarkan perangkat Anda bekerja hingga overheat, ada baiknya diamkan terlebih dahulu atau matikan beberapa saat.

4. Ada baiknya jangan mengisi baterai semalan karena dapat meningkatkan risiko kebocoran. 

5. Aturlah kecerahan layar seperlunya agar tidak menyerap banyak daya baterai.

Mampu merawat perangkat memang terkesan simpel tetapi butuh disiplin dan konsisten. Karena jika lalai, maka bukan tidak mungkin akan cepat rusak dan membutuhkan tambahan biaya untuk servis.

Setiap orang pasti menginginkan HP masing-masingnya bisa tetap dalam kondisi baik, dari segi performa atau juga tampilannya. Cara merawat HP agar dapat berumur panjang terbilang wajib diketahui para penggunanya agar tidak meningkatkan risiko kerusakan.

Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "Mengetahui Cara Merawat HP Agar Berumur Panjang"