Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lokasi Paling Terpencil yang Dianggap Berbahaya di Dunia

Daftar Isi [Tampil]

agranik.id - Lokasi paling terpencil termasuk salah satu wilayah yang jauh dari keramaian manusia serta jarang dikunjungi. Penyebabnya bisa beragam, seperti area sekitarnya belum terjamah peradaban, memiliki bahaya tertentu dan lain sebagainya.

Lokasi Paling Terpencil yang Dianggap Berbahaya di Dunia

Meski demikian, kawasan-kawasan tersebut sering menarik minat seseorang untuk datang berkunjung karena dianggap sangat terisolir. Beberapa bahkan telah dijadikan sebagai destinasi wisata tidak resmi karena lokasinya dianggap lebih mudah dijangkau.

Lokasi Paling Terpencil yang Jauh dari Keramaian Manusia

Beberapa dari kawasan yang seolah-olah terisolir dari peradaban manusia dianggap memiliki daya tarik tersendiri. Beberapa di antaranya adalah daratan luas, pulau terpencil, titik buta area tengah lautan, hingga area berbahaya.

  1. Pulau Easter (Paskah). Chili

Dikenal lewat temuan seribu patung Moai, lokasi Pulau Paskah termasuk sangat jauh dari pemukiman penduduk modern. Patung-patung itu dipahat oleh masyarakat kuno Rapa Nui antara tahun 1250 dan 1500 Masehi.

Lokasi paling terpencil tersebut banyak menarik wisatawan untuk berkunjung karena penasaran dengan keberadaan patung batu vulkanik tersebut. Tiga puncak pulau, Terevaka, Poike, dan Rano Kau, dianggap memiliki pemandangan paling spektakuler.

  1. Wilayah paling dingin Longyearbyen, Norwegia

Pada tahun 1950, Longyearbyen mengeluarkan undang-undang yang melarang penguburan di wilayah paling dingin di Norwegia ini. Hal tersebut diberlakukan karena tanah beku lokal akan membuat mayat menjadi beku dalam sekejap.

Bahkan, undang-undang lokal juga menyarankan agar mereka yang berkunjung untuk membawa senjata untuk menghalau beruang kutub. Meski dianggap berbahaya, banyak pengunjung lokal dan turis asing berdatangan untuk bermain bola salju.

  1. Pulau Devon Arktik

Lokasi paling terpencil ini merupakan bagian dari Kepulauan Ratu Elizabeth, yang terletak di Kepulauan Arktik, Kanada. Suasananya sangat sunyi dan tandus dengan permukaan berupa tundra yang tertutup lapisan es tebal.

NASA sempat menetapkannya sebagai lokasi untuk penelitian antarbintang. Program luar angkasa mereka telah menguji robot, pakaian antar galaksi dan kendaraan khusus sebagai persiapan untuk misi pemberangkatan menuju ke Planet Mars.

  1. Danau Crescent Lake (Bulan sabit) Gurun Gobi

Crescent Lake yang berusia 2.000 tahun terdiri dari danau berbentuk bulan di Gurun Gobi. Konturnya sangat eksotis karena dialiri oleh mata air alami dengan sebuah kota kecil pada tepian danau.

Meski dianggap sebagai lokasi paling terpencil di dunia, banyak bus antar-jemput membawa pengunjung ke daerah tersebut. Akses jalannya termasuk mudah dicapai karena pemerintah setempat menjadikan kawasan tersebut sebagai destinasi wisata.

  1. Danau Danakil Ethiopia

Danakil (Depression) adalah sebuah kawah di timur laut Ethiopia, yang lanskap visualnya terdiri dari garam, kolam asam, dan senyawa belerang. Meski terlihat berbahaya bagi manusia, banyak orang justru ingin mengunjunginya.

Lokasi paling terpencil ini dianggap sebagai kawasan terpanas di muka bumi, sehingga sering disebut sebagai "Gerbang Menuju ke Neraka." Meski demikian, hal tersebut tidak menghalangi turis mancanegara untuk datang berkunjung.

  1. Stasiun Remote McMurdo, Antartika

Area ini merupakan tempat bagi komunitas ilmiah untuk melakukan serangkaian penelitian. Letaknya berada di tepi selatan dari Pulau Ross, dan hanya berjarak sejauh 850 mil, sebelah utara wilayah kutub selatan.

Karena lokasinya paling terpencil di antara area lainnya, pemerintah AS menggunakannya sebagai lokasi penelitian ilmiah saja. Tidak ada yang tampak istimewa untuk dilihat selain hanya bongkahan es dan salju abadi.

  1. Siwa Oasis, Afrika Utara

Budaya Afrika Utara dilestarikan dengan ketat di Siwa, karena jauh dari Mesir yang berpenghuni. Meskipun jarang dikunjungi, oasis ini hanya berjarak lima jam dari pusat Kota Kairo, sebelah Gurun Barat.

Turis yang berkunjung akan merasakan pengalaman makanan asli dan praktik kuno dari masyarakat primitif setempat. Hingga saat ini, kawasan tersebut telah menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler seantero Afrika Utara.

  1. Titip terpencil (Point Nemo)

Lokasi paling terpencil di muka Bumi mungkin sangat cocok disematkan pada Point Nemo. Lokasinya jauh berada di tengah lautan dengan gelombang ganas mengelilingi areanya, serta sangat jauh dari peradaban manusia.

Kawasan tersebut juga sering digunakan sebagai tempat untuk mengubur rongsokan satelit luar angkasa yang jatuh ke Bumi. Daerah di sekitarnya dianggap sangat aman untuk hal tersebut karena jauh dari pemukiman.

Berkunjung ke tempat-tempat unik tentu menghadirkan sensasi tersendiri karena tidak semua orang bisa ke sana. Seperti beberapa lokasi paling terpencil di Bumi seperti di atas, tentu sangat menarik bagi wisatawan.

Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "Lokasi Paling Terpencil yang Dianggap Berbahaya di Dunia"