Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Kuliner Nusantara Khas dari Yogyakarta

Daftar Isi [Tampil]

agranik.id - Kekayaan kuliner nusantara yang berasal dari pulau Jawa terbilang cukup beragam. Beberapa di antaranya memiliki cita rasa yang unik, akan tetapi cukup bisa diterima oleh lidah khalayak luas. Sedikit berbeda dengan cita rasa masakan di luar Jawa, beberapa masakan Jawa khususnya dari Yogyakarta berikut ini lebih minim rempah dengan rasa yang umumnya terasa manis.

3 Kuliner Nusantara Khas dari Yogyakarta

Gudeg Jogja

Salah satu kuliner nusantara populer ini berasal dari kota Yogyakarta. Gudeg merupakan masakan olahan buah nangka muda yang dibumbui dengan cita rasa manis. Selain buah nangka muda yang dimasak hingga berwarna kecoklatan.

Gudeg khas Jogja umumnya dimakan bersama dengan nasi putih dan disajikan bersama dengan telur atau daging ayam dengan bumbu areh. Tambahan sambal goreng krecek memberi sedikit nuansa pedas pada masakan ini.

Bakmi Jawa

Kuliner nusantara lain yang juga berasal dari daerah Yogyakarta, yaitu kabupaten Gunung Kidul adalah Bakmi Jawa. Masakan ini menggunakan bahan utama berupa campuran mie kuning dan mie putih. Campuran mie tersebut dimasak dengan cara digoreng.

Salah satu ciri khas rasa dari kuliner nusantara asli ini adalah rasa yang berasal dari bawang putih dan kaldu ayam kampung yang kental. Hasilnya adalah rasa gurih yang khas dan dipadukan dengan daging ayam kampung dimasak ingkung dengan bumbu bawang yang menghasilkan daging berwarna kekuningan.

Pecel

Nasi Pecel merupakan salah satu kekayaan kuliner nusantara yang cukup populer di Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ciri khas kuliner nusantara ini terdapat pada saus kacang yang diuleg atau ditumbuk. 

Saus kacang ini menggunakan bumbu gula merah, kencur, bawang merah dan putih dengan tambahan sedikit asam jawa. Hasilnya adalah perpaduan rasa manis gula jawa dan gurihnya kacang yang unik. Terkadang bumbu kacang ini juga dibuat dalam versi pedas melalui tambahan cabai merah.

Pecel terdiri dari beberapa jenis sayur utama seperti bayam, kacang panjang dan taoge. Terkadang pecel juga ditambah dengan bunga turi atau jenis sayuran lain. Kuliner nusantara ini dihidangkan bersama dengan nasi dan terkadang ditambah dengan lauk berupa telur, ikan wader yang digoreng dan kerupuk atau rempeyek.

Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "3 Kuliner Nusantara Khas dari Yogyakarta"