Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Windows 10 Tidak Maksimal? Berikut Cara Mengatasinya

AGRANIK.ID - Masalah windows 10 tidak maksimal terkadang memang menyebalkan. Itu karena hal ini bisa menyebabkan emosi seseorang meningkat. Adalah kesalahan jika masalah ini dilimpahkan pada hardware.

Windows 10 Tidak Maksimal? Berikut Cara Mengatasinya

Itu karena hardware sebenarnya masih berada pada kondisi prima. Apabila perbaikan hardware dilakukan, efek baik tentu tidak akan terasa. Oleh karena itu, jauh lebih tepat apabila perbaikan dilakukan terhadap windows nya.

Masalah windows 10 tidak maksimal sendiri memang cukup umum. Itu karena banyak orang mengatakan kalau kondisi lemot ini menjadi salah satu kekurangan dari windows 10. Kondisi berbeda akan terlihat pada pendahulunya seperti windows 7 dan 8.

Kondisi lemot sangat jarang terasa apabila komputer berada pada kondisi prima. Ketika windows 10 terasa lambat, Anda tidak perlu takut. Itu karena, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Cara ini sendiri memang terbilang efektif. Itu karena ada beberapa orang yang sudah mencobanya dan mendapatkan hasil positif. Jika orang-orang tersebut bisa, Anda juga pasti dapat meraih hasil serupa.

Tips Mengatasi Windows 10 Tidak Maksimal

Memaksimalkan windows 10 sendiri memang tidak sulit. Hanya saja masalah sering terlihat pada orang yang melakukan prosesnya. Sering kali upaya yang dilakukan tidak maksimal.

Ini tentu berefek buruk karena upaya minimal membuat hasil yang didapat tidak sesuai harapan. Sebelum berlanjut ke tips lengkapnya, perlu dipastikan agar memiliki komitmen penuh terlebih dahulu.

Restart

Biasanya kondisi windows 10 tidak maksimal terjadi pada PC yang terus dinyalakan. Memang Kondisi semacam ini sangat umum terjadi terutama pada orang yang berprofesi sebagai gamers atau desain grafis. Ketika PC atau laptop dinyalakan lama, windows 10 akan merespons.

Respons yang diberikan adalah otomatis masuk ke mode sleep. Memang mode sleep membuat perangkat diistirahatkan. Namun hal tersebut tidak berlaku pada windows 10 itu sendiri.

Ketika perangkat beristirahat, windows 10 tetap aktif. Oleh sebab itu, error pada program bisa saja terjadi. Untuk mengatasi ini, cara termudah adalah dengan melakukan restart karena hal tersebut membuat program kembali normal.

Update

Cara memaksimalkan windows 10 tidak maksimal selanjutnya adalah dengan melakukan update. Windows 10 memang versi yang terbilang aktif. Itu karena pembaruan terjadi secara berkala dan intensitasnya lebih tinggi dibanding versi windows sebelumnya.

Perlu diketahui, update windows 10 mengikuti perkembangan di dunia internet. Biasanya update dilakukan karena versi sebelumnya sudah tidak cocok dengan kondisi internet. Jika update tidak dilakukan, kondisi lemot pasti terasa.

Beberapa dari Anda pasti merasa kesulitan ketika proses update perlu dilakukan secara rutin. Untuk mengatasi ini, aktifkan saja windows update pada komputer. Hal tersebut membuat proses update akan dilakukan secara otomatis.

Lihat Aplikasi

Ketika Windows 10 dinyalakan, ada banyak aplikasi yang otomatis menyala. Ini memang sudah bawaan pada windows 10 dimana aplikasi-aplikasi tersebut bahkan sering tidak disadari keberadaannya.

Perlu diketahui, ini menjadi alasan windows 10 tidak maksimal. Oleh sebab itu, coba cek aplikasi yang otomatis menyala ketika windows 10 dinyalakan. Lihat aplikasi mana saja yang memang berguna dan aplikasi mana yang sebenarnya tidak begitu bermanfaat.

Jika aplikasi yang tidak bermanfaat ditemukan, coba saja non aktifkan aplikasi tersebut. ini bisa mengatasi masalah lemot yang sebelumnya terasa.

Hapus Aplikasi

Menonaktifkan aplikasi memang menjadi opsi menarik. namun selain menonaktifkan, memaksimalkan windows 10 bisa juga dengan menghapus aplikasi yang dirasa tidak berguna. Namun penghapusan aplikasi perlu dilakukan secara hati-hati.

Pastikan hanya menghapus aplikasi yang benar-benar tidak berguna. Jangan sampai sebuah aplikasi dihapus namun keberadaannya dibutuhkan pada lain waktu. Itu karena, memasang dan mencopot aplikasi terlalu sering akan memberikan efek buruk.

SSD

Windows 10 dan SSD adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Itu karena performa windows 10 akan berada pada kondisi prima apabila penggunaan SSD dilakukan. Untuk Anda yang masih menggunakan HDD, sangat disarankan untuk berpindah ke SSD.

SSD sendiri memang memiliki banyak efek positif. Salah satunya terletak pada kecepatan proses data. Kecepatan inilah yang membuat windows 10 bekerja lebih maksimal.

Pastikan untuk tidak sembarangan dalam menggunakan windows 10. Normalnya kondisi lemot akan terasa karena ada kesalahan dalam penggunaan. Oleh karena itu, praktekan cara mengatasi windows 10 tidak maksimal di atas dengan baik.

Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "Windows 10 Tidak Maksimal? Berikut Cara Mengatasinya"