Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review OPPO Reno7 5G Indonesia!

Ini adalah OPPO Reno 7 5G! HP kelas premium dari OPPO, yang harganya 7.499 juta. Dia dilaunchingnya bareng OPPO Reno 7 Z 5G, yang kelasnya itu mid range, lebih murah. Tapi nanti yang Z ini bakal kita bahas terpisah aja. Kali ini Reno 7 5G dulu. yang punya tugas lumayan berat ya, buat nerusin reputasi keren dari OPPO Reno 6 5G, yang keluar 6 bulan lalu. 


Kalau patokannya dari jumlah views reviewnya sama suasana komennya, ada banyak yang seneng sama seri kemarin. Ada yang muji desain kotaknya lah, ada yang seneng sama layarnya, ada yang seneng sama kameranya HP yang populer. Nah, kalau Reno 7 5G ini sendiri gimana? 

Kita lihat, apakah anda setuju  sama langkah OPPO buat ngerenov abis desain HP nya. Kalau generasi kemaren kan bentuknya kotak ala ala desain retro gitu, kali ini OPPO balik lagi ke desain HP yang belakangnya melengkung di sisi sisinya.

Buat varian yang kita bahas sekarang, nama warnanya Startrails Blue ya, yang warnanya dominan biru, tapi bakal munculin pantulan warna merah, ungu, hijau, kuning, kalau misalnya kita lihat di angle tertentu. Ini salah satu backcover dengan kualitas pantulan warna yang paling enak sih, Halus gitu. Kalau misalnya ga doyan sama warna yang warni, ada varian lain yang namanya Starry Black. Lebih kalem. OPPO juga ada bilang kalau tekstur garis garis miring di bagian belakangnya ini dibuat pake teknologi LDI, Laser Direct Imaging namanya. Pas saya cari infonya, LDI itu teknologi yang biasanya dipake buat ngebikin PCB, yang papan sirkuit itu lho. Jadi detil-detilnya bisa lebih dapet lagi.  Garis garis tekstur nih HP memang berasa tipis banget sih, pas dipegang rasanya halus banget, dan licin juga. Ini finishing ala HP mahal lah.

Buat desain kameranya sendiri, Reno 7 5G pake desain 2 buletan kamera yang gede. bukan 3 bulatan kayak tahun-tahun lalu, kayak Reno Reno kemarin,sekarang udah dibedain. Di sebelah kanan HP ini kita bakal nemuin tombol power yang ada aksen garis warna hijau, di atas ada mikrofon, di sebelah kiri ada Dual SIM tray + kartu MicroSD, ada tombol volume juga, dan di bawah ada headphone jack, sesuatu yang mulai langka sih di HP premium, terus ada lubang microphone, port USB type C, dan speaker mono. Sayangnya belum stereo . Buat NFC, tentu aja HP ini udah punya.

Sementara, buat bagian depannya, OPPO Reno 7 5G pake layar AMOLED 6.43 inci, resolusinya Full HD+, dan refresh rate 90Hz, udah standar HP kelas begini lah, ga kurang ga lebih. Warna yang dihasilin cakep, enak diliat Nggak banyak yang bisa diomongin sih dari layar ini, udah sering banget dipake di HP lain, jadi bakal sesuai ekspektasi kita lah. Langsung lanjut ke mesin aja. Chip yang di OPPO Reno 7 5G ini, pake MediaTek Dimensity 900 5G ya, sama kayak yang dipakedi Reno 6 5G kemarin. RAMnya 8GB yang expandable up to 5GB virtual RAM, dan memori internal 256GB. Performa yang dikasih mesinnya ini juga udah sesuai sama kelas premiumnya yang bebas lag, bebas lemot,udah seharusnya, Skor AnTuTu 9 nya di 430 ribuan.

Buat main game-game mainstream ya udah maksimal lah. MLBB tentu aja bisa di settingan grafik high dan mode frame rate yang high juga, dapetnya bisa 60 fps rata. Terus di game PUBGM juga udah unlock mode extreme di kualitas grafis yang smooth,jadi 60 fps. Juga bisa didapetin di HP ini, dan suhunya juga adem. Buat Genshin Impact, average FPS yang bisa didapetin ada di angka 36.3, ini di preset medium ya, dengan suhu yang hebatnya anget anget aja. Nggak sampai ngegganggu gitu. Rentang frame ratenya naik turun antara 30 ke 45 fps. Kalau misalnya anda pengen meres mesinnya biar jadi lebih maksimal lagi, ada yang namanya Game Mode, ini lumayan buat dapetin ekstra kayak 10% lah kira-kira dapet 3 fps. Jadi bisa dapet 39an, bodinya nambah anget dikit,jadi silahkan dipilih. Anggep aja mode ini kayak senjata rahasia gitu lah, kalau lagi pengen ngebut ngebutan, dan ga pengen dapetin notif yang ngeganggu game juga.

Kayak tiba-tiba ada yang nelpon, Soalnya Game Mode bukan cuma bikin HP tambah kenceng aja tapi bisa matiin notif dan lain-lain. Kalau buat baterenya, OPPO Reno 7 5G dia punya kapasitas 4.500 mAh. yang daya tahannya standar aja buat kapasitas kayak gini. main ML setengah jam dia 7%, PUBGM main setengah jam 8%, Genshin main di mode balanced ataugame mode, dia sama aja 13-14% standar. Yang di atas standar pasar itu soal kecepatan ngecasnya, yang pake teknologi SuperVOOC 65 Watt. Ini colok 15 menit doang, dari batere sekarat, dia udah masuk 51%. 15 menit, gokil! Setengah jam ngisi, 92%, dan kalau mau penuh, 44 menit aja. Ini charger yang bakal kepake banget buat anda yang dikit-dikit tuh harus main HP, nggak bisa lama-lama lepas. Udah cas 20 menit,udah harus cabut lagi.  Dan heran kenapa HP anda baterainya habis terus.

Ya wajar, ngecas aja selalu bentar. Kalau misalnya ngecasnya ngebut, baru colok 15 menit udah bisa dipake lama, jadi... Ya ini bakal bikin orang kayak gitu senang. Sementara buat kameranya, OPPO ngandelin sistem triple camera dengan kamera utama 64MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 2MP. Kamera depannya 32MP. Kualitasnya di outdoor termasuk bagus, detailnya jelas dan tajam, HDRnya cakep karena cahaya langit yang terik bisa ditangkap tanpa overexpose. Karakter warnanya keliatan agak over sih. Buat indoor juga oke, tapikualitasnya udah agak nurun dibanding outdoor, ini wajar. Kalau buat lowlight, baru hasil kameranya kurang tajam dan gampang goyang juga ya,  jadi tangan harus lebih stabil,harus lebih hati hati pas motret malem-malem.

Oh iya, OPPO Reno 7 5G ini juga ngelanjutin dari seri Reno yang kemarin. mereka lumayan banggain fitur-fitur yang ada di kameranya ya, kayak [ __ ] Flare Portrait ini, yang bisa ngasih kayak [ __ ] [ __ ]ala kamera DSLR gitu, kalau di belakang kita ada titik titik cahaya lampu. Blurnya juga lumayan rapi. Tapi, kalau pengen lebih bagus lagi, saya saranin buat edit warnanya biar jadi lebih hidup. Soalnya kalau dipotret pake mode ini, buat saya kulitnya jadi keliatan agak kusem. Buat perekaman kamera depan, dia bisa di resolusi 1080p! Ini... kalau saya lihat, lumayan mirip sama hasil foto selfie-nya. Jadi mukanya dibikin agak lebih terang, dan mungkin biar kelihatan agak lebih putih gitu ya? Kesimpulan yang saya dapetin dari OPPO Reno7 5G, peran HP ini lebih ke alternatif dari generasi sebelumnya ya, yang desainnya memang agak beda dari biasanya.

Kali ini tampilannya kayak lebih main aman gitu. Tapi main amannya yang level tinggi punya sih, Karena proses desainnya beda dari biasanya,  feel pegang dan feel ngeliatnya juga berasa premium, sesuai sama harganya, Lebih enak di tangan dan warnanya juga lebih halus. Sementara bagian lain sih berasa familiar. Mulai dari mesinnya, dari kameranya, fitur fiturnya, tetep sama kayak HP favorit di generasi kemarin. Kalau misalnya anda lagi nyari HP OPPO bagus, Reno 7 5G ini salah satu pilihan yang oke. Dengan harga 7.5 juta, memang harus oke sih. Oh iya, info tambahan: buat OPPO Reno7 Series, kayak Reno 7 5G, 7 Z 5G ada bonus special bundling Telkomsel juga, yang nilainya up to 800 ribuan dan free kuota 5G up to 10GB. Terus OPPO juga ada ngelaunching OPPO Watch Free ini, yang harganya 1.399 juta.

Buat info lengkapnya bisa langsung main ke akun resmi OPPO Indonesia aja. Demikian review buat OPPO Reno 7 5G, silahkan tulis komentar dan share di bawah ini.

Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "Review OPPO Reno7 5G Indonesia!"