Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Wisata Alam Majalengka yang Bisa Kamu Kunjungi, Liburan Jadi Seru!

AGRANIK.ID - Majalengka merupakan sebuah wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Salah satu daya tariknya adalah memiliki berbagai wisata alam Majalengka yang memanjakan mata.

Tak heran, jika banyak masyarakat yang berkunjung ke Majalengka untuk menghabiskan waktu liburan. Apalagi, setiap wisata alamnya memiliki pesona tersendiri yang membuat para wisatawan semakin penasaran dan tertarik untuk mengunjunginya.

13 Wisata Alam Majalengka yang Bisa Kamu Kunjungi, Liburan Jadi Seru!

13 Rekomendasi Wisata Alam Majalengka

Berikut ini beberapa rekomendasi wisata alam Majalengka yang bisa kamu kunjungi. Ketika berkunjung ke Majalengka, jangan sampai kamu melewatkannya ya!

1. Kebun Teh Cipasung

Wisata alam Majalengka pertama kali yang bisa kamu kunjungi, yakni Kebun Teh Cipasung. Kebun Teh Cipasung ini terletak di Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Wisata alam ini menyuguhkan pemandangan berupa hamparan kebun teh yang hijau dan asri. Kawasan kebun teh ini memiliki udara yang sejuk dan segar.

Dengan luas mencapai 58 hektar, wisata alam Majalengka satu ini memberikan pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Untuk mengabadikan setiap momen spesial, kamu bisa berfoto di tengah hamparan daun-daun teh tersebut.

Menariknya lagi, setelah puas berkeliling, kamu bisa menikmati secangkir teh panas untuk meredakan lelah. Secangkir teh ini bisa kamu dapatkan di warung terdekat dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk bisa menikmati keindahan Kebun Teh Cipasung ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja.

2. Gunung Ciwaru

Gunung Ciwaru merupakan wisata alam Majalengka berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Tempat wisata ini terletak di Jalan Desa Payung, Pajajar, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa barat.

Tempat wisata ini memiliki pemandangan yang menakjubkan berupa hamparan hutan pinus hijau dan udara yang sejuk. Selain itu, Gunung Ciwaru ini juga memiliki banyak spot untuk berpose.

Akan tetapi, untuk sampai ke salah satu wisata alam Majalengka ini, kamu perlu perjuangan ekstra. Untuk sampai ke puncak, kamu harus menaiki banyak anak tangga.

Namun, jangan khawatir, pemandangan alam yang luar biasa akan membayar lunas perjuangan kamu untuk sampai ke puncak. Ada baiknya saat berkunjung ke Gunung Ciwaru, persiapkan kondisi fisik yang sehat supaya tidak mudah lelah atau jatuh sakit. Harga tiket masuk ke Gunung Ciwaru pun tak kalah murah, yakni hanya Rp 15.000 saja.

3. Puncak Sawiyah

Puncak Sawiyah merupakan salah satu wisata alam Majalengka yang menawarkan pemandangan dua gunung sekaligus. Gunung tersebut tak lain, Gunung Galunggung dan juga Gunung Papandayan.

Tak hanya pemandangan gunung yang memanjakan mata, kamu juga bisa melihat Talaga Bodas dan Bandara Internasional Jawa barat dari ketinggian. Pihak pengelola wisata alam Majalengka ini sudah menyediakan properti unik dan spot dengan pemandangan asri.

Sehingga, kamu bisa berfoto sepuasnya untuk mendapatkan gambar terbaik. Beberapa spot foto yang bisa kamu coba, spot film up yang lengkap dengan balon-balon, spot sayap garuda, spot bunga raksasa, dan spot menarik lainnya.

Menariknya lagi, ketika sampai di Puncak Sawiyah, kamu bisa melihat Curug Remis dengan air terjun yang jernih. Untuk sampai ke tempat wisata ini, Puncak Sawiyah terletak di Desa Sangiang, Banjaran, Majalengka, Jawa Barat.

4. Terasering Sawah Nangklak

Berbicara mengenai wisata alam Majalengka, maka Terasering Sawah Nangklak ini menjadi salah satunya. Wisata alam ini menyuguhkan pemandangan area persawahan dengan sistem terasering.

Sawah-sawah ini tertata dengan sangat rapi dan kamu bisa menikmati setiap pemandangannya dengan berjalan di tengah-tengah area terasering. Ketika musim tanam, kamu akan melihat hamparan sawah yang hijau.

Untuk sampai ke wisata alam Majalengka ini, silahkan datang ke Desa Sindangpano, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Sedangkan untuk tiket masuknya sendiri, hanya Rp 5.000 saja.

5. Cikadongdong River Tubing

Bagi kamu pecinta wisata alam dan suka dengan hal-hal seru yang menantang adrenalin, wajib kunjungi Cikadongdong River Tubing. Cikadongdong River Tubing merupakan wisata alam Majalengka berupa sungai dengan panjang kurang lebih 350 meter.

Sungai ini memiliki air yang jernih dan arus yang deras, sehingga cocok untuk river tubing. Saat kamu river tubing, kamu bisa menikmati pemandangan indah dan asri, baik dari sisi kanan maupun kiri sungai.

Jangan khawatir, river tubing ini aman karena ada guide yang akan memandu tersebut. Menariknya lagi, setelah merasakan keseruan berpetualang, kamu bisa menyantap nasi liwet untuk melepas lelah dan rasa lapar.

Nasi liwet ini sudah termasuk paket river tubing yang kamu gunakan. Untuk sampai ke wisata alam Majalengka ini, silahkan kamu datang ke Jalan Desa Payung, Teja, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Untuk tiket masuknya sendiri, hanya Rp 30.000 saja.

6. Curug Ibun Pelangi

Wisata alam Majalengka yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi, yakni Curug Ibun Pelangi. Selain terkenal sebagai Curug Ibun Pelangi, juga dikenal sebagai Goa Lalay.

Bahkan, beberapa orang mengatakan jika curug ini mirip dengan Green Canyon. Selain menawarkan pemandangan air terjun yang indah, juga memiliki udara yang sejuk.

Sehingga, wisata alam Majalengka ini sangat cocok bagi kamu yang ingin lepas dari hiruk-pikuk kota. Untuk sampai ke tempat wisata ini, silahkan kamu datang ke Desa Sukadana, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Baca Juga: Objek Wisata Majalengka, Destinasi Liburan Seru Hemat Budget.

Karena letaknya yang tersembunyi, kamu perlu hati-hati saat berkunjung. Sedangkan untuk harga tiketnya sangat terjangkau, para pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 saja.

7. Paralayang Adventure Land

Wisata alam Majalengka, tidak hanya menguji adrenalin dari kegiatan river tubing saja. Akan tetapi, kamu juga bisa merasakan sensasi melihat pemandangan alam dari ketinggian.

Salah satunya adalah Paralayang Adventure Land. Wisata satu ini, sayang untuk kamu lewatkan, terutama yang hobi berpetualangan.

Ketika menjajal paralayang ini, kamu bisa melihat pemandangan Kota Majalengka dan Gunung Ciremai dari ketinggian secara leluasa. Jangan khawatir, kegiatan paralayang ini sudah dengan ahlinya, sehingga dijamin aman.

Tak hanya paralayang, kamu juga bisa mencoba permainan lainnya seperti gantole, ATV, dan permainan seru lainnya.  Lebihnya lagi, kawasan Paralayang Adventure Land ini juga menyediakan glamping untuk berkemah.

Kamu juga bisa memanjakan lidah dengan menyantap berbagai hidangan di restoran maupun kafe. Wisata alam Majalengka ini terletak di Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Selain itu, harga tiket masuknya hanya sebesar Rp 20.000.

8. Curug Cilutung

Curug Cilutung merupakan wisata alam Majalengka yang tidak pernah sepi pengunjung, terutama ketika hari libur. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang menarik berupa susunan bebatuan alami.

Saking rapinya susunan bebatuan tersebut, seperti sengaja disusun, padahal terbentuk secara alami. Para wisatawan seringkali menjadikannya spot foto.

Selain itu, curug ini juga memiliki pemandangan alam yang asri dengan air yang jernih dan segar. Ketika musim penghujan, debit air menjadi lebih besar.

Pengunjung bisa main di bawahnya, ketika debit air tidak terlalu besar. Untuk sampai ke wisata alam Majalengka ini, silahkan kamu berkunjung ke Desa Talagakulon, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

9. Terasering Panyaweuyan Argapura

Untuk melihat keindahan terasering yang cantik, kamu tidak perlu lagi jauh-jauh ke Bali. Pasalnya, Terasering panyaweuyan Argapura ini menjadi salah satu wisata alam Majalengka yang bisa kamu kunjungi.

Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan pemandangan hamparan sawah yang hijau dan asri saja. Akan tetapi, kamu bisa datang saat sore hari untuk melihat pemandangan matahari terbenam.

Banyak spot yang bisa kamu coba untuk mendapatkan foto Instagramable. Supaya liburanmu semakin maksimal, hindari datang ke tempat ini saat siang hari, karena cuaca sedikit terik.

Jika cuaca mendung, tempat ini akan berkabut saat siang hari. Dengan begitu, kamu tidak bisa melihat pemandangan sawah secara leluasa.

Wisata alam Majalengka ini terletak di Desa Sukasari Kidul, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Untuk menikmati pemandangan Terasering Panyaweuyan Argapura sepuasnya, kamu hanya perlu membayar tiket Rp 5.000 saja.

10. Talaga Herang

Tak hanya menawarkan wisata alam Majalengka berupa pegunungan, sawah, maupun air terjunnya saja. Ketika kamu berkunjung ke Majalengka, kamu bisa datang ke Talaga Herang.

Talaga Herang merupakan wisata air berwarna biru kehijauan yang sangat indah. Sementara itu, sekitar talaga terdapat pepohonan yang rindang, sehingga menambah suasana asri dan menenangkan.

Wisata alam Majalengka ini bisa kamu kunjungi bersama keluarga, terutama saat musim libur. Alamat Talaga Herang sendiri, Desa Padaherang, Sindangwangi, Majalengka, Jawa barat. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, yakni hanya Rp 5.000 saja.

11. Bukit Mercury Sayang Kaak

Bukit Mercury Sayang Kaak merupakan wisata alam Majalengka lainnya yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu luang bersama teman-teman. Tempat wisata ini sangat asik untuk nongkrong.

Bukit Mercury Sayang Kaak ini menawarkan pemandangan sawah dan terasering yang memanjakan indah. Ditambah lagi, tempat wisata ini memiliki udara yang segar dan sejuk, sehingga betah untuk berlama-lama.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengambil beberapa foto di spot-spot menarik lainnya. Sayangnya, ketika musim penghujan, wisata alam Majalengka ini diselimuti kabut.

Untuk itulah, supaya kegiatan liburan kamu tampak menyenangkan, pilihlah waktu yang tepat saat berkunjung. Jika ingin berkunjung, silahkan datang ke Dusun Cibuluh Blok, Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Untuk harga tiketnya sendiri hanya Rp 10.000.

12. Curug Tapak Kuda

Curug Tapak Kuda merupakan wisata alam Majalengka selanjutnya yang bisa kamu datangi saat berkunjung ke kota ini. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan memiliki dua tingkatan yang membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi.

Pastikan kamu datang ke Curug Tapak Kuda ini saat waktu yang tepat. Pasalnya, ketika musim kemarau, kemungkinan airnya kering, sedangkan musim penghujan, airnya terlalu deras.

Untuk sampai ke wisata alam Majalengka ini, silahkan datang ke Desa Lemah Putih, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Tiket masuknya sangatlah terjangkau, yakni hanya Rp 15.000 saja.

13. Ciboer Pass

Wisata alam Majalengka lainnya yakni Ciboer Pass. Ciboer Pass merupakan wisata alam yang menyuguhkan pemandangan terasering yang hijau dan menyejukan mata.

Menawarkan spot yang instagramable untuk koleksi foto media sosialmu. Selain itu, kamu juga bisa nongkrong sambil menyantap berbagai jajanan kuliner lezat.

Ciboer Pass terletak di jalan Ciboer, Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Untuk masuk ke wisata alam Majalengka ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000.

Itulah tadi beberapa wisata alam Majalengka yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi waktu liburan. Tetap berhati-hati dan persiapkan rencana liburan kamu dengan baik supaya berjalan lancar.


Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "13 Wisata Alam Majalengka yang Bisa Kamu Kunjungi, Liburan Jadi Seru!"