Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membeli Komputer Rakitan Ini Wajib Anda Perhatikan

AGRANIK.ID - Tips membeli komputer rakitan cukup penting untuk diketahui. Itu karena ada banyak orang di luar sana yang tertipu ketika membeli komputer rakitan. Kondisi ini jelas sangat merugikan dan wajib dihindari.

Ketika membeli komputer rakitan seseorang pasti memiliki harapan besarnya. Diharapkan cara ini membuat komputer yang diinginkan didapat dengan budget yang dimiliki. Kondisi tersebut memang benar adanya.

Tips Membeli Komputer Rakitan Ini Wajib Anda Perhatikan

Itu karena ada banyak orang di luar sana yang mendapat hasil memuaskan ketika membeli komputer rakitan. Namun ingat, hasil memuaskan tersebut tidak didapat secara sembarangan. Orang-orang tersebut pasti memiliki ketelitian tinggi.

Itu karena kebanyakan orang yang tidak teliti memang merasa rugi ketika membeli komputer rakitan. Harapan besar yang sebelumnya dimiliki sirna begitu saja. Perlu diketahui, tips membeli komputer rakitan sendiri bukan hal yang rumit.

Adalah kesalahan besar jika menganggap hal ini sulit dipraktekkan. Itu karena Anda bisa menjalankan tipsnya dengan mudah tanpa memerlukan bantuan orang lain.

Berikut Tips Membeli Komputer Rakitan

Terdapat beberapa tips dalam membeli komputer rakitan yang terbukti efektif. Ketika akan menjalankan tips ini, milikilah komitmen tinggi. Itu karena tips ini merupakan satu kesatuan.

Anda tidak akan merasakan hasil maksimal apabila hanya menjalankan sebagian. Hal ini membuat semuanya perlu diupayakan. Oleh karena itu, berikut tipsnya secara lebih lengkap.

Tentukan Tujuan

Tips membeli komputer rakitan pertama adalah menentukan tujuan. Ketahui terlebih dahulu untuk apa Anda ingin membeli komputer rakitan. Itu karena komputer rakitan sendiri terbagi menjadi beberapa kelas.

Secara umum, ada tiga kelas komputer rakitan. Kelas pertama adalah office yang sering digunakan untuk mengerjakan tugas kuliah atau pekerjaan kantoran. Kelas kedua adalah gaming yang sering dipakai untuk bermain game atau kebutuhan warnet.

Ketika tertinggi adalah desain grafis dimana proses berat seperti render video sering dilakukan. Pilihlah salah satu dari ketiga kelas tersebut. Jika sudah dipilih, pastikan untuk tidak berpindah ke tujuan lain.

Tetapkan Budget

Tahapan selanjutnya dalam tips membeli komputer rakitan adalah menentukan budget. Budget ini penting karena kelas yang ditentukan di atas masih terbagi lagi menjadi beberapa tipe. Tips tersebut antara lain low, mid, dan high end.

Misal Anda menginginkan komputer desain grafis namun budget yang dimiliki terbatas. Disini kurang tepat apabila menargetkan komputer desain grafis high end. Jauh lebih realistis apabila targetnya adalah komputer desain grafis low.

Adalah kesalahan apabila memaksakan saat penentuan budget. Itu karena budget yang dipaksakan hanya akan membuat komputer yang didapat tidak maksimal. Akan lebih baik apabila memiliki kesadaran tinggi terhadap budget pribadi.

Pilih Spek

Tips membeli komputer rakitan selanjutnya adalah memilih spek. Pemilihan spek ini penting karena hal inilah yang akan menentukan performa dan kualitas komputer. Dalam pemilihan spek, Anda perlu sedikit belajar mengenai hal-hal dasar.

Hal-hal dasar tersebut seperti jenis-jenis prosesor, RAM, hingga motherboard. Perlu diketahui, pemilihan spek memang bisa dilakukan dengan berkonsultasi pada orang yang lebih paham. Cara ini sendiri memang relatif cepat.

Namun dibandingkan melakukan konsultasi, jauh lebih disarankan untuk belajar sendiri. itu karena kebanyakan ahli sering menyarankan dengan sudut pandang pribadinya. Sering kali keinginan Anda tidak terpenuhi ketika berkonsultasi pada orang lain.

Toko

Tips membeli komputer rakitan selanjutnya yang wajib diperhatikan adalah pemilihan toko untuk pembelian. Adalah sebuah kesalahan apabila membeli pada toko yang tidak terpercaya. Itu karena toko semacam ini berpotensi akan merugikan Anda.

Pilihlah toko yang kualitasnya sudah terbukti. Cara termudah untuk melihat kualitas toko adalah dengan melihat legalitas. Normalnya toko berkualitas bergerak secara legal sehingga hal negatif tidak mungkin dilakukan.

Selain melihat legalitas, mengecek toko juga bisa dilakukan dengan melihat pelayanan. Biasanya toko yang berkualitas bisa menjawab setiap kebutuhan Anda.

Sparepart

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah sparepart. Beberapa orang sering membeli sparepart kualitas rendah untuk mendapatkan spek tinggi. Perlu diketahui hal tersebut merupakan kesalahan.

Dibandingkan memilih sparepart berkualitas rendah, akan lebih baik jika sparepart yang dipilih speknya rendah namun kualitasnya tinggi. Hal tersebut membuat ketahanan komputer berlangsung lebih lama.

Pastikan untuk menjalankan tips ini dengan sebaik mungkin. Adalah kesalahan besar apabila tips-tips tersebut dipandang sebelah mata. Jangan lupa juga untuk konsisten dalam menerapkan tips membeli komputer rakitan.

Taufik Nurhasan
Taufik Nurhasan Hidup itu seperti bersepeda. Kalau ingin menjaga keseimbangan, harus terus bergerak maju.

Post a Comment for "Tips Membeli Komputer Rakitan Ini Wajib Anda Perhatikan"